Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Jalur Darat Untuk 24.072 Penumpang

Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto membuka opsi penambahan kuota mudik gratis jalur darat untuk masyarakat.

Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Jalur Darat Untuk 24.072 Penumpang
Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Jalur Darat Untuk 24.072 Penumpang. Gambar : AntaraFoto/Fauzan

BaperaNews - Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto membuka opsi penambahan kuota mudik gratis jalur darat untuk masyarakat. Mudik gratis jalur darat ialah mudik yang memakai bus untuk orang dan truk untuk motor. 

Masyarakat yang mendaftar diminta untuk segera verifikasi sebab pendaftar yang terlambat verifikasi dianggap batal pendaftarannya.

“Setelah kami verifikasi, masih ada slot dari orang yang telah mendaftar tapi tidak lakukan verifikasi, maka itu dianggap batal” tutur Suharto hari Jumat (24/3). 

Suharto menyebut saat ini pendaftaran sudah penuh untuk jalur darat karena minat masyarakat yang tinggi, maka ada kemungkinan kuota mudiknya akan ditambah.

“Mudah-mudahan nanti dengan adanya tambahan kuota, dan verifikasi masih berjalan, mudah-mudahan bisa segera kita umumkan kembali agar masyarakat bisa memakai fasilitas mudik gratis yang disediakan” imbuhnya. 

Baca Juga : KAI Berikan Diskon Tiket Mudik Lebaran 2023

Sebelumnya Kemenhub menyediakan kuota mudik gratis jalur darat sebesar 24.072 untuk penumpang yang diangkut dengan 585 bus. Rinciannya ialah 459 bus untuk mudik dengan kuota 18.528 penumpang untuk mudik dan 126 bus untuk 5.544 penumpang arus balik.

Semnetara untuk sepeda motor pemudik juga bisa dibawa serta, diangkut dengan truk khusus. Kemenhub menyiapkan 30 truk untuk mengangkut 900 motor pemudik. 15 truk untuk arus mudik dengan kuota 450 motor dan 15 truk untuk arus balik dengan 450 motor.

Menurut Suharto, pihaknya akan membuat kebijakan dengan belajar dari mudik tahun 2022 lalu, pemudik yang memakai truk hanya memakai 15% dari total fasilitas yang disediakan. Sedangkan fasilitas bus mudik untuk penumpang terpakai 96%, 4% sisa kuotanya tidak terpakai.

“Kami juga merencanakan, pengalaman kita 15% motor menggunakan truk, maka ada sebagian yang kita akan tambah kuota untuk busnya, supaya busnya juga bisa dipakai lebih banyak oleh masyarakat, memang animonya ini tinggi sekali” pungkas Suharto.

Mudik tahun 2023 ini diperkirakan akan lebih ramai dari tahun sebelumnya sebab kondisi pandemi makin terkendali dan PPKM telah dihilangkan. 

Pemerintah juga membuat kebijakan cuti libur lebaran diperpanjang mulai tanggal 19-25 April 2023 sehingga diperkirakan arus mudik dan balik akan lebih ramai dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pengumuman kepada publik akan disampaikan jika semua kebijakan kuota mudik gratis jalur darat resmi ditetapkan. 

Baca Juga : Jokowi Tegas Minta THR Cair Paling Lambat 18 April!