Shopee Terapkan Biaya Layanan Rp 1.000 Per Transaksi

Platform jual beli online shopee Indonesia menerapkan biaya layanan Rp 1.000 per transaksi mulai Minggu (23/10).

Shopee Terapkan Biaya Layanan Rp 1.000 Per Transaksi
Shopee terapkan biaya layanan Rp 1.000 pertransaksi. Gambar : Reuters/Edgar Su

BaperaNews - Platform jual beli online Shopee Indonesia menerapkan tarif tambahan untuk layanannya. Yakni menarik biaya layanan Rp 1.000 per transaksi. Tarif mulai berlaku pada Minggu (23/10) pukul 00.00 WIB.

“Biaya layanan atau biaya jasa aplikasi ialah Rp 1.000 per transaksi fisik melalui situs maupun aplikasi” tulis Shopee Indonesia Minggu (23/10).

Shopee menyebut adanya tarif baru untuk memaksimalkan layanan pelanggan dan mengembangkan teknologi jadi lebih baik.

Shopee juga memastikan biaya layanan hanya dikenakan pada pengguna usai melakukan empat kali transaksi dengan metode bayar apapun dan tanpa ada minimal pembelian. Biaya transaksi tidak berlaku untuk semua jenis produk digital yakni donasi, zakat, maupun keuangan.

Biaya layanan juga berlaku untuk produk fisik. “Biaya layanan sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) sesuai dengan aturan Undang-Undang perpajakan yang berlaku” imbuhnya.

Sebelum Shopee, Tokopedia juga telah menerapkan hal sama per (1/8) lalu, mengenakan biaya jasa Rp 1.000 per transaksi yang disebut akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas belanja online penggunanya.

Baca Juga : Driver Gojek Kini Bisa Ajukan KPR Rumah Subsidi, Simak Caranya!

“Biaya jasa aplikasi Rp 1.000 per transaksi mulai 1 Agustus 2022 untuk tiap transaksi produk fisik di situs maupun aplikasi” terang Head of External Communication Tokopedia Ekhel Candra pada Rabu (3/7).

Penerapan biaya transaksi kini juga telah resmi diterapkan oleh Shopee. Jika checkout dari keranjang belanja Shopee, akan muncul sejumlah biaya yaitu :

  • Proteksi efek samping produk untuk melindungi dari bahaya atau efek yang mungkin muncul dari produk, biaya ini tidak wajib, bisa dihapuskan jika pembeli tidak berminat.
  • Biaya pengiriman sesuai dengan jarak lokasi pembelian dan pengantaran produk, biasanya Shopee memberikan potongan atau diskon ongkir dengan minimal belanja tertentu.
  • Biaya layanan Rp 1.000 per checkout
  • Biaya penanganan jika memilih metode bayar COD, namun pembayaran dengan ShopeePay tidak dikenai biaya penanganan.

Selanjutnya pengguna bisa melanjutkan transaksi dengan klik “Buat pesanan”, otomatis pesanan akan diproses oleh pihak penjual. Shopee sendiri saat ini menjadi salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia, Shopee berkomitmen untuk memberi pelayanan dan pengalaman belanja terbaik bagi penjual maupun pembeli dengan tarif biaya layanan baru Rp 1.000 yang baru saja diterapkan tersebut.

Baca Juga : Aturan Barang Bawaan Penumpang Kereta Api, Simak Biaya Tambahannya!