Rusia Menggila, Uni Eropa Pertimbangkan Ukraina Jadi Calon Anggota

Volodymyr Zelensky meminta Uni Eropa untuk segera menerima permintaan penggabungan negaranya dengan Uni Eropa akibat gempuran Rusia ke Ukraina yang semakin menggila.Simak berita lengkapnya!

Rusia Menggila, Uni Eropa Pertimbangkan Ukraina Jadi Calon Anggota
Uni Eropa Pertimbangkan Ukraina Jadi Calon Anggota. Gambar: AFP/Francois Walschaerts

BaperaNews - Parlemen Uni Eropa memikirkan resolusi yang menyerukan blok tersebut untuk bekerja lebih cepat dalam memberikan Ukraina status calon anggota pada Selasa malam 1 Maret 2022. Adopsi itu disepakati oleh sebagian besar parlemen menyusul desakkan Ukraina yang meminta proses keanggotaannya dipercepat akibat serangan Rusia yang semakin menggila.

“Menyusul invasi Rusia ke Ukraina, kini anggota Parlemen Eropa menuntut menjatuhkan sanksi lebih keras lagi kepada Moskow dan dilakukan percepatan upaya untuk memberi Ukraina status sebagai kandidat negara Uni Eropa” demikian bunyi resolusinya.

Resolusi tersebut menyeru kepada seluruh lembaga Uni Eropa untuk lebih cepat memberi status kandidat anggota untuk Ukraina, “Prosedur seperti ini harus sejalan dengan Pasal 49 tentang Perjanjian Uni Eropa, dan juga penilaian masing-masing anggota” tambahnya.

Parlemen Uni Eropa menyatakan blok harus bisa bekerja membantu Ukraina terintegrasi dalam pasar mereka sesuai perjanjian yang selama ini disepakati, resolusi itu pun meminta sanksi yang lebih berat lagi untuk Rusia.

Baca Juga: WNA Yang Akan Melakukan Demo Terkait Perang Ukraina Rusia Di Bali Terancam Dideportasi

Kabar percepatan resolusi dilakukan setelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta Uni Eropa untuk segera menerima permintaan penggabungan negaranya dengan Uni Eropa, ia meminta Uni Eropa bisa menerimanya dengan jalur khusus akibat adanya gempuran Rusia yang semakin menggila.

“Tujuan kami untuk bersama semua orang Eropa dan yang paling penting untuk bisa setara, saya yakin itu bisa adil, saya yakin kami pantas mendapatkannya” ujarnya dalam video singkat di media sosial Seni 28 Februari 2022.

Ukraina kini memang belum jadi anggota Uni Eropa, ia telah mencoba menjajaki keanggotaan sejak tahun 2014, negara pecahan dari Uni Soviet itu juga disebut sebagai mitra penting Uni Eropa dalam bidang perdagangan.

Ukraina memang berbatasan dengan Polandia, Rumania, Slovaka, dan Hungaria yang merupakan anggota UE, Zelensky meminta blok tersebut membela negaranya dari invasi Rusia dan membuktikan mereka berdiri bersama.

“Tanpa Anda semua negara Uni Eropa, Ukraina sendirian, kami sudah membuktikan kemampuan kami dan bahkan dalam sekecil apapun kami sama dengan kalian, jadi coba buktikan jika Anda memang berdiri bersama kami, buktikan jika Anda tidak membiarkan kami pergi sendirian” ujarnya kepada parlemen Uni Eropa sebagaimana dilansir dari AFP.

Baca Juga: Awas! Perang Siber Global Akibat Perang Rusia Vs Ukraina