Nirina Zubir Ngaku Sempat dan Kena Mental Karena Anaknya Telat Bicara

Nirina Zubir berbagi pengalamannya tentang anak-anaknya yang telat bicara karena penggunaan bahasa asing di usia dini. Simak selengkapnya di sini!

Nirina Zubir Ngaku Sempat dan Kena Mental Karena Anaknya Telat Bicara
Nirina Zubir Ngaku Sempat dan Kena Mental Karena Anaknya Telat Bicara. Gambar : Instagram/@nirinazubir_

BaperaNews - Nirina Zubir, membagikan pengalamannya yang cukup menguras emosional terkait anak-anaknya yang terlambat bicara. Pada awalnya, Nirina memiliki prinsip untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak-anaknya setelah mereka memasuki sekolah menengah pertama.

Namun, prinsip itu terlupakan ketika ia menjadi ibu.

"Pengalaman pribadi, sebenarnya usia yang tepat untuk anak belajar bahasa asing itu SMP," ungkap Nirina dalam wawancara dengan YouTube Wendi Cagur pada Minggu (3/12).

Artis kelahiran 12 Maret 1980 itu awalnya berniat memberikan pendidikan bahasa asing pada anak-anaknya di usia yang lebih matang, mengingat pengalamannya sendiri dalam mempelajari bahasa asing.

Namun, Nirina mengaku lupa dengan prinsip tersebut dan malah menyekolahkan anak-anaknya di sekolah dengan basis bahasa Mandarin sejak usia dini.

"Anak Na (panggilan Nirina) dimasukkan ke sekolah yang basicnya Mandarin di usia dini," tuturnya.

Tidak hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari di rumah, Nirina juga terkadang berkomunikasi dengan anak-anaknya menggunakan bahasa Inggris, sementara suaminya berbicara dalam bahasa Indonesia, dan ada pula keluarga yang menggunakan bahasa lainnya. Akibatnya, kedua anak Nirina Zubir mengalami keterlambatan dalam berbicara.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Menangkap 3 Tersangka Baru Yang Terlibat Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir

"Anak Na tuh dua-duanya telat bicara," akui Nirina.

"Pengalaman cukup stres ya. Maksudnya, ibunya ngomongnya nonstop, anaknya telat bicara tuh kayak lumayan kena mental juga, kayak kok bisa ya," ungkapnya.

Nirina Zubir melanjutkan dengan mengungkapkan penyesalannya karena melupakan prinsip untuk tidak mengekspos anak-anak dengan bahasa asing pada usia dini.

"Lupa dengan prinsipnya anak tuh jangan kecepetan untuk diekspos bahasa lain karena dia akhirnya kasihan gitu, nggak tahu harus yang mana dikeluarkan dulu," katanya.

Proses untuk mengatasi keterlambatan bicara anak Nirina Zubir ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Barulah saat usia tiga tahun, keduanya mulai menunjukkan perkembangan dalam berbicara.

"Sampai akhirnya pelan-pelan kebuka, walaupun itu butuh waktu untuk kita menelaahnya. Kayaknya sampai umur dia tiga tahun deh baru dia ngomong, sebelumnya tuh istilahnya tantrum gitu," beber Nirina Zubir.

Nirina Zubir khawatir kejadian anak telat bicara ini terjadi pada orang lain, ia mewanti-wanti para ibu muda diluar sana untuk tak mengekspos anak mereka dengan bahasa asing di usia dini.

@baperanews.com Nirina Zubir, membagikan pengalamannya yang cukup menguras emosional terkait anak-anaknya yang terlambat bicara. Pada awalnya, Nirina memiliki prinsip untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak-anaknya setelah mereka memasuki sekolah menengah pertama #nirinazubir #anak #terlambatbicara #baperanews ♬ Instrumen Sedih - Yuda pratama

Baca Juga: Semakin Dekat, Sule Ajak Santyka Fauziah Dinner Bareng Anak-Anaknya