Perbasi Akan Gelar Indonesia Development League April 2023 Mendatang!

PP Perbasi menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar Indonesia Development League (IDL) 2023 untuk pebasket umur 18-23 tahun pada April 2023 mendatang.

Perbasi Akan Gelar Indonesia Development League April 2023 Mendatang!
Gambar : unsplash.com/Dok. Markus Spiske

BaperaNews - PP Perbasi mengungkap akan menggelar Indonesia Development League (IDL) 2023 untuk pebasket umur 18-23 tahun pada April 2023 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketum PP Perbasi George Fernando pada acara gathering bertema “Sinergi Perbasi & Pers Sebagai Satu Kekuatan Menuju Industri Bola Basket Modern Lewat FIBA World Cup 2023 untuk Sukseskan Program Pemerintah Indonesia melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)” di Senayan pada Rabu (4/1).

George Fernando menjelaskan, selama ini Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) telah rapat bersama klub-klub dan para tim terkait dan mensosialisasikan kompetisi.

“Prosesnya sudah berjalan, sudah undang tim dan klub, sudah dijelaskan umumnya tentang konsepnya,  beberapa juga sudah nyatakan komitmen di rapat itu” tuturnya.

IDL 2023 menurut George Fernando akan dilaksanakan pada tiga seri yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Untuk semifinal IDL 2023 dan final IDL 2023 dilaksanakan di Jakarta atau Banten dengan total waktu kompetisi selama 3 bulan mulai April sampai Juli 2023.

Baca Juga : Amerika, Kanada, Dan Meksiko Akan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Informasi Perbasi akan gelar IDL 2023 ada delapan tim masing-masing bermain tujuh kali di tiap serinya, total ada 21 game. Dan sisanya semifinal dan final ada 3-4 game.

“Mungkin 3 seri dulu dan ada 8 tim, jika yang mendaftar lebih, misalnya total 12 tim yang mendaftar, maka akan dibagi ke 2 divisi, masing-masing 6 tim, 1 divisi ketemu 2 kali, cross ketemu 1 kali, mirip konsep IBL” terang George Fernando.

“Yang pasti tujuannya untuk menambah game pertandingan untuk anak-anak umur 18-23 tahun, sebab menurut kami masih ada jarak, jadi kami dorong itu supaya di pertandingan secara statistik, pemain, wasit, dan klubnya bisa berkembang” jelasnya.

Adapun syarat tim untuk bisa tampil di kompetisi Indonesia Development League 2023 ini ialah telah terdaftar di Perbasi di tingkat kota atau kabupaten, selain itu juga memiliki pemain dengan usia yang dibutuhkan serta wajib setor license fee. Hal ini penting agar klub tidak berhenti di tengah jalan, namun bisa terus jalan sampai tiga tahun sesuai kesepakatan.

“Besarannya berapa? Masih kami bicarakan, jika yang mundur kurang dari itu, license fee jadi milik kami, saya harap di akhir Januari bisa diketahui tim mana saja yang akan ikut ke Indonesia Development League ini” pungkas George Fernando.

Baca Juga : Suporter Indonesia Serang Bus Timnas Thailand, STY: Jangan Sampai Disanksi FIFA Lagi