Ngeri! WHO Sebut Gejala Cacar Monyet Kini Berstatus Darurat, Ini Gejalanya!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa gejala cacar monyet berstatus darurat di beberapa negara, kini masyarakat diharap waspada.

Ngeri! WHO Sebut Gejala Cacar Monyet Kini Berstatus Darurat, Ini Gejalanya!
WHO sebut gejala cacar monyet jadi status darurat. Gambar : Pixabay/Mohammed_hassan

BaperaNews - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan bahwa gejala cacar monyet kini sebagai darurat kesehatan global. Hal tersebut membuat masyarakat harus semakin waspada dan dihimbau untuk mewaspadai beberapa gejala cacar monyet agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Perlu kita ketahui, cacar monyet merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus langka yakni Monkeypox. Penyakit cacar monyet kembali terdeteksi pada Mei lalu di Inggris. 

WHO menyebut bahwa cacar monyet terus menyebar ke negara-negara lain non-endemik, salah satunya negara yang paling dekat dengan Indonesia yakni Singapura. 

Sampai saat ini, WHO sudah mencatat lebih dari 16 ribu kasus cacar monyet di dunia. Belasan ribu kasus cacar monyet itu telah dilaporkan oleh 75 negara. Dan sejauh ini, cacar monyet sudah mengakibatkan lima pasien meninggal dunia. 

Diketahui, kasus cacar monyet yang menimpa manusia pertama kali ditemukan pada 1970 di Republik Demokratik Kongo. Sejak itu, cacar monyet muncul hingga menyebar ke seluruh Afrika Tengah dan Barat sebagai penyakit endemik. 

Gejala Cacar Monyet Yang Perlu Kamu Tahu!

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menjelaskan bahwa pada dasarnya gejala cacar monyet seperti dengan jenis cacar lainnya. Akan tetapi, gejala cacar monyet biasanya muncul dengan tingkat yang lebih ringan. 

Perbedaannya terletak pada pembengkakan kelenjar getah benih yang disebabkan oleh cacar monyet, “Ciri yang membedakan infeksi cacar monyet dengan cacar lainnya adalah adanya pembengkakan kelenjar getah bening,” tulis CDC.

Baca Juga : Sejarah Penyakit Cacar Monyet Dari Afrika Hingga Mendunia

Biasanya tanda-tanda cacar monyet muncul pada 7-14 hari setelah terpapar virus.

Berikut Gejala - gejala Cacar Monyet yang Perlu Kamu Ketahui: 

  1. Badan demam 
  2. Kepala terasa sakit
  3. Nyeri pada otot
  4. Punggung terasa sakit
  5. Kelenjar getah bening alami pembengkakan
  6. Cepat lelah
  7. Ruam muncul 1-3 hari setelah demam

Ruam biasanya muncul dari bagian wajah, terus menyebar ke area tubuh yang lain. Kemudian, ruam akan berubah jadi lesi dan benjolan yang pecah seiring dengan berjalannya waktu. 

Gejala cacar monyet biasanya berlangsung 2-4 minggu dan bisa hilang tanpa pengobatan apapun. Tetap harus waspada ya! jika kamu kena cacar monyet, langsung saja konsultasi ke dokter agar tidak menyebar.

Baca Juga : Biaya Melahirkan Ditanggung Negara Lewat Program Jampersal