Kronologi Ular Kobra Mati Digigit Anak Kecil di India

Kisah pemberani Deepak, anak 8 tahun di India, yang menggigit ular kobra yang menggigitnya hingga ular itu mati.

Kronologi Ular Kobra Mati Digigit Anak Kecil di India
Kronologi Ular Kobra Mati Digigit Anak Kecil di India. Gambar : Unsplash/Dok. Godwin Angeline Benjo

BaperaNews - Anak kecil umur 8 tahun di India duel dengan ular kobra. Ular kobra itu menggigitnya, dia membalas mengingit dan ular kobra mati. Duel menegangkan ular kobra digigit anak kecil viral di media sosial. Anak pemberani itu bernama Deepak.

Awalnya, Deepak bermain di luar rumahnya di Desa Pandarpadh, Distrik Japhur, timur laut Raiphur, India. Ia tiba-tiba dililit seekor ular kobra dan tangannya digigit.

Deepak tidak terima, sembari menahan rasa sakit, Deepak membalas menggigit ular itu dua kali. Ular kobra mati pada akhirnya akibat luka gigitan yang dibuat Deepak.

Orang tua korban yang mengetahui duel ular kobra digigit anak kecil hingga ular kobra mati itupun segera membawa Deepak ke dokter. Dokter menyatakan Deepak baik-baik saja.

Gigitan yang dibuat ular kobra di tangan Deepak hanya berupa dry bite atau gigitan biasa yang tidak ada racun di dalamnya.

“Ular itu menggigitku di tangan dan melingkari tubuhku. Aku sangat kesakitan. Karena dia diam aku coba melepaskan lilitannya. Aku menggigitnya dua kali dengan keras. Semuanya terjadi dalam sekejap” kata Deepak. 

Baca Juga : Ngeri! Pengamen Ini Digigit Ular Kobra Peliharaannya

Raipur sendiri ialah bagian dari India yang menjadi rumah bagi banyak reptile termasuk ular kobra atau yang dikenal Indian Cobra dan Naja Naja. Populasi manusia yang banyak tentu berpengaruh pada kehidupan ular disana.

“Ular sebenarnya mudah beradaptasi di kawasan dalam dan Raipur menjadi habitat ideal untuk mereka. Sayangnya populasi terus melonjak mencapai lebih dari 11 ribu manusia. Pasti memang ada konflik antara manusia dengan ular” ujar penyelamat ular India Moiz Ahmed.

Gigitan Indian Cobra atau Naja Naja sebenarnya berisi racun relatif tinggi mampu berakibat fatal dalam waktu 60 menit. Manusia yang digigit dengan racun biasanya mengalami gejala lesu, lumpuh, sakit kepala, mual, muntah, dan kemudian mati jika tidak tertangani. Racun ular kobra bisa dinetralkan dengan suntikan antivenom.

Sedangkan tindakan melilit biasanya dilakukan ular jika ia merasa terancam untuk melarikan dari dari kondisi yang menurutnya tidak aman dan untuk lemahkan musuhnya.

Meski  kasus ular kobra digigit anak kecil hingga ular kobra mati terkesan hebat, namun tidak untuk ditiru ya! Jauh lebih baik panggil pawang ular atau pihak ahli lainnya ketika menemukan ular kobra.

Baca Juga : Fakta Foto Hewan Hasil Kawin Silang Kucing Dengan Ular yang Disebut "Serpens Catus"