Fakta Foto Hewan Hasil Kawin Silang Kucing Dengan Ular yang Disebut "Serpens Catus"

Viral ada sebuah hewan kucing dengan kulit belang-belang kuning hitam seperti kulit ular yang disebut "Serpens Catus". Diklaim hewan tersebut berasal dari kawin silang kucing dengan ular.

Fakta Foto Hewan Hasil Kawin Silang Kucing Dengan Ular yang Disebut "Serpens Catus"
Fakta Foto Hewan Hasil Kawin Silang Kucing Dengan Ular. Gambar : Twitter.com/@kamara2r

BaperaNews - Viral foto hewan kucing dengan kulit belang-belang kuning hitam seperti kulit ular. Hewan tersebut diklaim berasal dari hasil kawin silang kucing dengan ular.

Foto beredar sejak Selasa (18/3). Nampak kucingnya memiliki corak warna tak biasa, dengan kuning terang dan hitam, jauh berbeda dengan warna bulu kucing pada umumnya.

Hewan kucing itu dinamai Serpens Catus, dianggap sebagai kucing terlangka di bumi ini. “Serpens catu ialah jenis kucing paling langka di bumi ini, hewan ini hidupnya di daerah yang sulit dijangkau manusia seperti di hutan hujan amazon dan oleh sebab itu mereka kurang dipelajari” tulis pengunggah.

Pengunggah mengaku pertama kali mendapat gambar Serpens catus pada tahun 2020. Adapun Beratnya mencapai 25,4 kg. Lantas, benarkah Serpens catus memang hasil kawin silang kucing dengan ular?

Slamet Raharjo, dosen UGM Fakultas Kedokteran Hewan menegaskan hal itu tidak mungkin terjadi, tidak mungkin ada kucing kawin dengan ular. Hal ini ialah hoaks. “Secara logika dan ilmiah tidak bisa diterima, hoaks ini” tutur Slamet Raharjo pada Sabtu (18/3).

Baca Juga : Merinding! Ada Video Insiden Hujan Cacing di China dan Norwegia

Slamet Raharjo menegaskan kucing ialah hewan berdarah panas atau felis silvestris catus dari kelas mamalia. Sedangkan ular ialah jenis reptil dari kelas ordo squamata yang berdarah dingin. Jadi genetik keduanya beda jauh, sudah terpisah sejak jutaan tahun yang lalu.

“Mau pakai metode ilmiah apapun itu tidak mungkin, tidak mungkin terjadi ada keturunan kucing vs ular. Jadi kesimpulannya berita ini hoaks” pungkas Slamet Raharjo.

Sementara New York Post pada Rabu (15/3) menyebut foto Serpens Catus tersebut ialah palsu, itu hanyalah ular yang di edit wajahnya menjadi wajah kucing.

Foto tersebut punya warna pola mirip ular boiga dendrophila atau ular cincin emas, ular cincin emas juga ditemukan di negara seperti Peru, Kolombia, Ekuador, Venezuela, Bolivia, Prancis, Guyana, hingga Suriname.

Ular cincin emas pun tersebar luas di Singapura, Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand, termasuk Indonesia. Maka bisa dipastikan foto kucing yang diklaim hasil kawin silang kucing dengan ular itu ialah tidak benar, hanya foto editan semata.

Secara nalar kucing dan ular ialah dua hewan yang berbeda, tidak mungkin keduanya berhubungan baik terlebih sampai kawin dan punya keturunan.

Baca Juga : Tulang Punggung Gajah di Thailand Miring Usai Angkut Turis Selama 25 Tahun