Ketum PSSI Erick Thohir Ingin Bentuk Polisi Khusus Olahraga

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mendorong pembentukan polisi olahraga untuk meningkatkan keamanan dan keterlibatan komunitas sepak bola.

Ketum PSSI Erick Thohir Ingin Bentuk Polisi Khusus Olahraga
Ketum PSSI Erick Thohir Ingin Bentuk Polisi Khusus Olahraga. Gambar : BUMN/Dok. PermanaDhika

BaperaNews - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengusulkan pembentukan polisi olahraga. Erick menyebut sudah menyampaikan usulannya kepada Kapolri, Jenderal Listyo Sigit dan Presiden Jokowi.

“Saya sudah bicara dengan Pak Presiden Jokowi dan Pak Kapolri Listyo. Waktu itu saya bilang kalau ada polisi pariwisata, saya rasa pembentukan polisi olahraga penting juga. Saya akan dorong terus,” kata Erick Thohir di acara pra workshop suporter sepak bola nasional di Hotel Abadi Malioboro, Yogyakarta, Jawa Tengah, pada Jumat (15/9).

Erick merasa pembentukan polisi olahraga bisa menjadi perubahan besar untuk sepak bola Indonesia. Ia awalnya menargetkan kehadiran satuan polisi olahraga muncul bersamaan dengan pelaksanaan Piala Dunia U-17 namun ternyata belum bisa dilaksanakan karena bertepatan dengan momen pemilu di mana Polri juga sibuk untuk pengamanan pemilu.

“Kenapa saya mendorong adanya polisi olahraga, supaya aparat bisa dekat dengan kita. Kalau polisinya ganti-ganti dia tidak kenal kita. Tapi kalau dia punya jobdesk yang dekat sama kita akan ada komunikasi lebih baik. Jangan tersepsikan suporter ini mau bikin ribut,” imbuhnya.

Baca Juga : Erick Thohir Jawab Tanda Tanya Lapangan Piala Dunia U 17

Saling mengenal dan memahami antara polisi olahraga dan suporter menurutnya bisa membuat keduanya berkolaborasi untuk wujudkan sepak bola Indonesia yang lebih aman dan nyaman serta membangun rasa saling percaya.

Selain membahas rencana pembentukan polisi olahraga, Erick juga berdiskusi dengan para pemimpin suporter sepak bola untuk mendengar aspirasi karena menurut PSSI, suporter punya peran penting untuk sepak bola Indonesia.

“Hari ini kita ketemu para pemimpin suporter untuk mendengar aspirasi, kira-kira keinginan mereka seperti apa. Mustahil PSSI bisa lakukan transformasi sepak bola kalau tidak mendengar aspirasi dari pemain atau suporter. Saya menyambut apa yang didorong mereka semua salah satunya tentang kerjasama lebih erat antar suporter, liga, pemilik klub. PSSI yang menjadi jembatannya,” lanjutnya.

“Untuk polisi olahraga saya akan mendorong terus, nanti ada turunannya bagaimana ada kepercayaan dari aparat dan agar kita bisa bersinergi dengan isu lain misalnya soal ujaran kebencian di media sosial. Kita ingin sama-sama perbaiki sepak bola Indonesia,” pungkas Erick Thohir.

Hingga berita ini disampaikan, pihak kepolisian belum memberi pendapat tentang rencana pembentukan polisi olahraga yang diusulkan oleh Erick Thohir.

Baca Juga : Erick Thohir : PSSI Bakal Bentuk Lembaga Bantu Pemain