Kereta Bandara Bakal Punya Rute Sampai Bekasi

Menteri Perhubungan Budi Karya menyampaikan bahwa rute kereta Bandara Soetta akan kembali beroperasi hingga Bekasi.

Kereta Bandara Bakal Punya Rute Sampai Bekasi
Kereta Bandara Bakal Punya Rute Sampai Bekasi. Gambar : Dok. PT Railink

BaperaNews - Kereta Bandara akan beroperasi kembali sampai Bekasi, nantinya kereta akan melewati sejumlah stasiun.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya setelah meninjau rute kereta bandara bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi. Saat ini kereta bandara beroperasi dari Manggarai sampai Bandara Soetta.

“Secara konkritnya, kita sekarang ada kereta dari Manggarai, Dukuh Atas langsung ke Bandara, ini sudah cukup banyak” tutur Heru pada Minggu (28/5) di Stasiun BNI City Jakarta.

Heru menyebut jumlah rangkaian kereta bandara akan ditambah, dari sebelumnya 40 menjadi 56 untuk meningkatkan kapasitas angkut penumpang.

“Berita baiknya kita akan tingkatkan jumlah trainset dari 40 ke 56, artinya jumlah yang bisa diangkut akan bertambah” imbuhnya.

Selanjutnya, operasi rute kereta Bandara kata Budi akan lanjut sampai Bekasi, yakni melewati Jatinegara, Senen, Duri, Kampung Bandan, Soetta.

“Dalam diskusi tadi, kita ingin menjangkau lebih jauh sampai ke Bekasi, kita akan lakukan dari Jatinegara, Senen, Duri, Kampung Bandan, Soetta. Setidaknya dua itu jadi opsi yang applicable untuk dilakukan di waktu setahun ini” pungkas Heru.

Baca Juga : Syarat, Tarif, dan Cara Pengajuan Naik Kereta Api Luar Biasa KAI

KA Bandara Akan Turun Harga

Sebagai informasi, saat ini kereta Bandara yang beroperasi sampai Bekasi telah distop.

“Dulu ada standalone oleh Railink tapi sekarang sudah terintegrasi dengan KAI KRL atau commuter” ungkap Jubir Kemenhub Adita Irawati dalam kesempatan yang berbeda.

Lebih lanjut, Heru memastikan Pemprov DKI Jakarta akan keluarkan anggaran untuk menekan tarif kereta bandara, agar harganya turun. Anggaran yang diluncurkan masih dalam pembahasan internal Pemprov DKI Jakarta.

“Kalau bicara soal tarif, makanya saya ajak Pak Gubernur. Bapak Gubernur ini dermawan, ada TransJakarta dan lainnya, itu Pak Gubernur mengeluarkan kocek, siapa tahu hitungannya jadi lebih murah. Dan tentu Pak Gubernur tak bisa putuskan sekarang, akan kita diskusikan secara internal, tapi bisa dipastikan tarifnya akan turun. Intinya untuk angkutan massal, Pemda backup kebijakan pak Menhub” pungkas Adita.

Dipastikan harga kereta bandara akan turun karena ada subsidi dari Pemprov DKI Jakarta, KA bandara juga akan diperluas sampai Bekasi sehingga memudahkan warga Jakarta dan sekitarnya yang hendak menuju bandara untuk mendapat layanan transportasi berkualitas, nyaman, dan terjangkau.

Baca Juga : Mulai Juni 2023, KAI Tambah 3 Kereta Api Baru Untuk Perjalanan Jarak Jauh