Mulai Juni 2023, KAI Tambah 3 Kereta Api Baru Untuk Perjalanan Jarak Jauh

PT Kereta Api Indonesia akan menambah tiga kereta api baru untuk perjalanan jarak jauh wilayah operasi (Daop) 1 Jakarta mulai 1 Juni 2023.

Mulai Juni 2023, KAI Tambah 3 Kereta Api Baru Untuk Perjalanan Jarak Jauh
Penambahan Kereta Api Baru Untuk Perjalanan Jarak Jauh. Gambar : Instagram.com/@commuterline

BaperaNews - PT Kereta Api Indonesia menambah 3 kereta baru untuk perjalanan jarak jauh wilayah operasi (Daop) 1 Jakarta seiring dengan berlakunya pergantian pemberlakuan grafik perjalanan kereta api (Gapeka).

Gapeka 2023 diterapkan mulai 1 Juni 2023 mendatang. Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa menyebut penambahan 3 kereta api perjalanan jarak jauh ini menjadikan total perjalanan kereta api menjadi 144 KA dari sebelumnya 141 KA.

“Pada Gapeka 2023 ada penambahan 3 kereta api perjalanan jarak jauh di Daop 1 Jakarta” tutur Eva pada Jumat (12/5).

Daftar 2 Kereta Api Jarak Jauh Baru yang Beroperasi Mulai 1 Juni 2023

  1. KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng berangkat pukul 06.20 WIB
  2. KA Manahan relasi Gambir-Solo Balapan berangkat pukul 10.30 dan 22.50 WIB
  3. KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi-Jember berangkat pukul 20.05 WIB

Dengan adanya penambahan 3 kereta api jarak jauh yang baru, maka perjalanan kereta api Daop 1 Jakarta bertambah menjadi 1.524 KA (sebelumnya 1.462 KA). Penambahan perjalanan lainnya di KA lokal dan kereta listrik (KRL).

Baca Juga : Cara Beli Tiket Kereta ke Bandara Soekarno-Hatta

Jadwal Perjalanan Berubah

Dengan adanya Gapeka 2023, sejumlah jadwal kereta api jarak jauh mengalami perubahan, Eva menghimbau agar calon penumpang memastikan kembali jadwal perjalanan kereta yang dipilih agar benar-benar berangkat sesuai jadwal yang diinginkan.

“Seluruh calon penumpang dihimbau agar memeriksa kembali jadwal keberangkatan kereta apinya yang dipilih sebelum transaksi agar pembelian tiket sesuai jadwal keberangkatan yang diinginkan” imbuhnya.

Gapeka sendiri ialah informasi perjalanan, pelaksanaan, dan pedoman aturan perjalanan kereta api yang berbentuk garis untuk menunjukkan stasiun, jarak, waktu, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api secara lengkap mulai dari ketika berangkat, datang, berhenti, bersilang, menyusul yang semuanya digambar dalam bentuk garis.

Penggantian Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023 ini memberi manfaat bagi pengguna moda transportasi kereta api yakni waktu perjalanan makin singkat dan jumlah perjalanan bertambah.

Adanya perubahan ini terjadi karena adanya jalur ganda yang dibangun Kemenhub misalnya di lintasan Gedebage-Haurpugur, Cakung-Bekasi, peningkatan kecepatan prasarana hingga 120 km per jam, perubahan sistem sinyal, hingga pengoperasian bangunan hikmat 1120 lintas Bumiayu Linggapura.

Baca Juga : Daftar Kereta Ekonomi Dengan Kursi Premium di 2023