Pemerintah Terbitkan Surat Utang Negara 2023, Berikut Cara Belinya!

Pemerintah resmi menerbitkan surat utang Negara 2023 atau Savings Bond Ritel (SBR) mulai 19 Januari - 9 Februari 2023. Berikut cara beli surat utang Negara 2023!

Pemerintah Terbitkan Surat Utang Negara 2023, Berikut Cara Belinya!
Ilustrasi Foto Pemerintah resmi menerbitkan surat utang Negara 2023. Gambar : unsplash.com/Dok.Green Chameleon

BaperaNews - Pemerintah resmi menerbitkan Surat Utang Negara atau Savings Bond Ritel (SBR) dan memberi kupon imbal hasil hingga 6,35%. Surat utang Negara 2023 tersebut ditawarkan dalam 2 tipe yakni SBR012-T2 dan SBR012-T4.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan & Resiko Suminto mengungkap perbedaan kedua SBR tersebut ialah pada tenornya, yakni 2 tahun dan 4 tahun.

Dengan 2 jenis surat utang Negara tersebut, investor bisa membeli surat utang Negara dalam jumlah lebih besar, untuk tenor 2 tahun bisa membeli hingga Rp 5 Miliar dan tenor 4 tahun hingga Rp 10 Miliar per investor.

“Fitur baru tenor ini lebih panjang, lebih besar untuk memenuhi kebutuhan para investor ritel kita,” tuturnya ketika peluncuran surat utang Negara 2023, pada Sabtu (21/1).

Imbal hasil yang diberikan menurut Suminto juga kompetitif, dari sisi pajak, dikenai pajak lebih rendah yang setara deposito yakni 10%, sedangkan pajak deposito saat ini 20%.

“Kami harap SBR 012 maupun SBN ritel di tahun ini bisa terus memberi kemudahan untuk masyarakat dalam membeli SBN ritel kita baik itu melalui online atau mitra distribusi,” pungkasnya.

SBR ritel ini pun mendapat sambutan bagus dari masyarakat, jumlah yang berhasil terbit mencapai Rp 107 Triliun dan 186 ribu investor, artinya, pencapaian tumbuh 42% lebih besar dari sebelumnya, investor baru yang datang juga lebih besar, naik 52%.

Tertarik membeli surat utang Negara 2023 untuk investasi? Yuk simak cara beli Surat Utang Negara 2023 berikut ini yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi BaperaNews.

Baca Juga :  Pemerintah Terbitkan Dua Surat Utang Baru, Ini Keunggulannya!

Cara Beli Surat Utang Negara 2023: 

  1. Pendaftaran

Dilakukan melalui Mitra Distribusi dengan menginput data yang diminta seperti data diri, nomor rekening, nomor surat berharga, dan lainnya.

  1. Pemesanan

Pemesanan dilakukan sesuai ketentuan Memorandum Informasi, pemesanan hanya bisa dilakukan di masa penawaran.

  1. Pembayaran

Investor akan diminta untuk lakukan verifikasi pemesanan, akan diberi kode pembayaran di email atau sms sesuai kebijakan Mitra Distribusi. Pembayaran bisa dilakukan di Bank langsung atau melalui ATM dan lembaga lain hingga batas waktu yang ditentukan.

  1. Konfirmasi

Terakhir, investor diminta untuk konfirmasi, investor akan mendapat Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi komplit order serta mendapat alokasi tanggal penerbitan SBR.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang SBR dan cara beli surat utang Negara 2023, silahkan  https://www.kemenkeu.go.id/SBR. Sebagai informasi pembelian SBR012-T2 dan SBR012-T4 dibuka mulai 19 Januari - 9 Februari 2023.

Baca Juga : Wah! THR dan Gaji Ke-13 Bakal Cair Lebih Cepat