Berapa Tarif LRT Jabodebek yang Beroperasi Juli 2023?

Target pengoperasian LRT Jabodebek akan mulai dibuka untuk publik pada 12 Juli 2023 mendatang. Lalu berapa tarif LRT Jabodebek? berikut tarifnya.

Berapa Tarif LRT Jabodebek yang Beroperasi Juli 2023?
Tarif LRT Jabodebek yang beroperasi Juli 2023. Gambar : Kompas.com/Totok Wijayanto

BaperaNews - Target pengoperasian LRT Jabodebek akan mulai dibuka untuk publik pada 12 Juli 2023 mendatang. Lalu berapa tarif LRT Jabodebek? simak dibawah ini.

Berapa Tarif LRT Jabodebek?

Manager Public Relation KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menyebut pihaknya hingga saat ini masih menunggu aturan resmi dari Kementrian Perhubungan yang memiliki wewenang untuk menetapkan tarif LRT Jabodebek.

“Sampai saat ini kami masih menunggu surat keputusan dari Kemenhub yang mengatur besarnya tarif LRT Jabodebek ini” tutur Kuswardojo pada Kamis (11/5).

Sebelumnya pihak LRT Jabodebek menyampaikan besaran tarif LRT Jabodebek akan diumumkan pada April 2023, namun hingga pertengahan Mei 2023 ini belum ada informasi tentang besaran tarif LRT Jabodebek.

Padahal berdasarkan Pasal 2 ayat 3 Permenhub Nomor 23/2012 menyebut seharusnya tarif angkutan umum kereta api diumumkan kepada masyarakat selambatnya 3 bulan sebelum mulai beroperasi.

Usulan Tarif LRT Jabodebek : Rp 15.000-25.000

Adapun pihak LRT Jabodebek sempat memberi usul besaran tarif LRT Jabodebek yakni Rp 15.000 - 25.000, besaran tarif tersebut berpotensi jauh lebih rendah karena adanya skema public service obligation atau subsidi dari pemerintah untuk kendaraan umum.

“Kami harap besaran tarif yang diusulkan ini bisa lebih murah lagi karena ada subsidi” imbuhnya.

Baca Juga : Meluncur Juli 2023, Berikut Cara Bayar LRT Jabodebek

Pembangunan LRT Jabodebek Sudah Berjalan 92,3%

Kuswardojo menambahkan, operasi komersial LRT Jabodebek ditargetkan mulai terlaksana pada 12 Juli 2023 mendatang. Saat ini pengerjaan LRT Jabodebek sudah mencapai 92,3% per 4 Mei 2023.

Secara keseluruhan pekerjaan terkait operasional kereta telah selesai. Pembangunan hanya tinggal menyelesaikan bangunan stasiunnya dan memasang sejumlah alat di dipo kereta.

“Secara keseluruhan semua sarana prasarana operasional yang berkaitan dengan kereta sudah siap” pungkas Kuswar.

LRT sendiri ialah singkatan dari Light Rail Transit. LRT ini kendaraan umum yang berbadan cukup kecil dan sering disebut dengan Lintas Rel Terpadu.

LRT Jabodebek melintas di jalur layang sehingga tidak memberi dampak pada lalu lintas darat, tidak menyebabkan macet. Struktur LRT lebih fleksibel dan mampu lewat jalur sempit atau melingkar.

Adanya LRT Jabodebek ini tentu jadi gambaran kecanggihan teknologi transportasi baru di Jabodebek yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menjalankan segala aktivitas harian lebih cepat, mudah, dan nyaman.

Baca Juga : Kereta LRT Jabodebek yang Alami Tabrakan Tetap Akan Dipakai Penumpang