Jadwal Libur Puasa 2024 untuk Siswa SD hingga SMA, Catat Tanggalnya!

Awal Ramadan tahun 2024 jatuh pada tanggal 11 Maret untuk Muhammadiyah dan 12 Maret untuk Nahdlatul Ulama (NU). Simak jadwal libur awal puasa di sini!

Jadwal Libur Puasa 2024 untuk Siswa SD hingga SMA, Catat Tanggalnya!
Jadwal Libur Puasa 2024 untuk Siswa SD hingga SMA, Catat Tanggalnya!. Gambar : Ilustrasi Canva By Odua Images

BaperaNews - Mendekati bulan suci Ramadan tahun 2024 atau 1445 Hijriah merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, selain menjadi bulan ibadah yang penuh berkah, Ramadan juga memberikan jadwal libur puasa 2024, terutama bagi para siswa dari tingkat SD hingga SMA.

Penetapan awal puasa Ramadan 2024 akan dilakukan melalui sidang isbat yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag RI), sebagaimana yang dilakukan setiap tahunnya. Namun, terdapat kemungkinan perbedaan awal puasa antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) atau pemerintah.

Menurut Muhammadiyah, awal Ramadan 2024 akan dimulai pada tanggal 11 Maret 2024. Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. Sementara itu, NU dan pemerintah akan menetapkan awal Ramadan melalui sidang isbat yang diadakan pada akhir Syaban.

Perbedaan ini tidak hanya mencakup penetapan awal bulan Ramadan, tetapi juga menyangkut metode penghitungan yang digunakan. Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal, sementara NU dan pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal dengan mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah dan Libur Nasional Sepanjang 2024

Meskipun demikian, apabila mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, awal Ramadan versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

Adapun mengenai libur awal Ramadan tahun 2024, merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, awal puasa bukanlah hari libur nasional atau cuti bersama. Akan tetapi, pada 11 Maret (Senin) terdapat kalender berwarna merah yang menunjukkan hari libur nasional, yakni hari libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. 

Sementara pada tanggal 12 Maret 2024 merupakan cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Jadi, pada awal puasa 2024, terdapat dua hari libur, yakni berkenaan dengan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 dan cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Baca Juga: Daftar Cuti Bersama, Hari Libur, Hingga Tanggal Merah Januari 2024