Siswi Asal Riau Menang Juara 1 MTQ Internasional Di Qatar

Siswi Berprestasi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Negeri 1 Andalan Pekanbaru, Riau yakni Aisyah Nur Ramadani meraih juara Pertama MTQ Internasional yang diselenggarakan secara daring di Qatar.

Siswi Asal Riau Menang Juara 1 MTQ Internasional Di Qatar
Aisyah Nur Ramadhani Peraih Juara Pertama MTQ Internasional di Qatar. Gambar: Warta Berita

BaperaNews - Siswi Berprestasi, Aisyah Nur Ramadani Raih Juara Pertama MTQ Internasional Qatar, Pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Negeri 1 Andalan Pekanbaru, Riau, Aisyah Nur Ramadani berhasil meraih  juara pertama dalam event Musabaqah Tilawatil Qur’an atau MTQ Internasional Tijan Annour Qatar 2022.

Aisyah adalah satu-satunya perwakilan Riau dari 9 peserta asal Indonesia itu menjadi juara pertama setelah mengikuti final MTQ Internasional yang berlangsung Kamis (23/2/2022) pukul 13.00-15.00 WIB. Pengumuman Aisyah sebagai juara pertama disampaikan langsung Kamis pukul 19.25 WIB oleh Dewan Juri MTQ Internasional Qatar.

Dilansir dari Warta Berita, Ajang ini digelar secara daring, Kamis, 24 Februari 2022. Siswi kelas VIII 2 MTsN 1 Andalan Pekanbaru yang baru berusia 13 tahun ini berhasil menjadi yang terbaik dari 51 peserta dari berbagai negara.

Prestasi Aisyah Nur Ramadhani pun mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin.

Menurutnya, Aisyah tidak hanya mengharumkan nama Riau melainkan Indonesia di kancah internasional.

“Selamat kepada ananda Aisyah Nur Ramadhani yang berhasil mengharumkan nama Riau di kancah Internasional, MTQ di Qatar. Teruslah berprestasi dan menyebarkan nilai- nilai qurani di tengah masyarat. Dan semoga ini menjadi motivasi bagi siswa lain untuk terus belajar dan berkarya,” kata Mahyudin di Pekanbaru, Jumat, (25/2/2022).

Kepala MTsN 1 Pekanbaru, Irwan Efendi, mengatakan, Aisyah lolos ke babak semifinal MTQ Tijan An- Nour di Qatar pada Desember 2021.

Saat itu, kompetisi diikuti peserta dari Pakistan, Mesir, Libya, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lainnya. Di babak final, secara bertahap, Aisyah lolos ke tahap 15 besar, 9 besar, hingga masuk grand final dengan jumlah peserta 5 orang.

Baca Juga: Rehabilitasi Rawat Jalan, Rizky Nazar Hadiri Proyek Terbaru Bersama Syifa Hadju

Aisyah berhasil mengharumkan nama Indonesia,  setelah bersaing dengan 51 peserta dari berbagai negara di ajang 

tersebut.

Pada ajang itu, Aisyah sebelumnya dijadwalkan untuk hadir langsung di Qatar. Namun, karena kasus Covid-19 meningkat, maka lomba digelar melalui daring dan tayang di TV Qatar.

Ajang lomba internasional itu memang baru pertama diikuti Aisyah. Dia satu dari 10 perwakilan anak asal Indonesia yang ikut dalam MTQ Tijan Annur Qatar.

“Grand Final MTQ berlangsung 24 Februari 2022 pukul 13.00 – 15.00 WIB. Pengumuman pemenang disampaikan langsung hari itu juga, pukul 19.25 WIB oleh Dewan Juri MTQ Qatar,” ujar Irwan Efendi. 

Ia menambahkan, dari lima peserta yang masuk grand final, Aisyah berhasil meraih Juara 1.

Urutan berikutnya diraih Ahmad Azfar Azral (Malaysia), Wafa Maulida Ulfa (Indonesia), Zulfa Ayatul Husna (Indonesia), dan Muhammad Abu Bakar (Pakistan).

“Atas prestasi ini, orangtua Aisyah mengaku bangga dan bersyukur atas raihan yang dicapai gadis kecilnya, begitu juga dengan seluruh civitas MTsN 1 Andalan Pekanbaru, semua turut bangga,” ujarnya.

Aisyah merupakan salah seorang siswi kebanggaan MTsN 1 Kota Pekanbaru yang memiliki segudang prestasi.

Pada 2019, Aisyah juga meraih juara 3 dalam MSQ tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Institut Ilmu Al-quran ( IIQ ) di Jakarta.

Baca Juga: Wirda Mansur Ketahuan Berbohong Mengenai Data Pendidikannya Di Linkedin