Ini Alasan Elon Musk Ubah Nama Twitter Menjadi X

Elon Musk resmi mengganti logo Twitter menjadi X dengan tujuan menjadikan platform tersebut sebagai superapp serba bisa.

Ini Alasan Elon Musk Ubah Nama Twitter Menjadi X
Ini Alasan Elon Musk Ubah Nama Twitter Menjadi X. Gambar : Reuters/Dok. Carlos Barria

BaperaNews - Logo burung biru yang jadi ciri khas Twitter sejak awal kemunculannya telah resmi tutup usia lantaran telah digantikan oleh logo X yang diprakarsai oleh bos Twitter, Elon Musk.

Keputusan ini membuat warganet merasa kesal terlebih sejak memiliki Twitter, Elon Musk berulang kali buat dan ubah kebijakan, aturan, hingga tampilan di Twitter. Keputusan inipun dinilai sebagai upaya bunuh diri.

Elon Musk sendiri ada alasan kenapa ia mengubah logo Twitter menjadi logo X. Salah satunya tentang impian Elon untuk menjadikan Twitter aplikasi serba bisa, bukan sekedar aplikasi media sosial berbagi teks alias microblog.

Alasan Elon Musk ganti logo Twitter jadi X karena ingin membuat Twitter jadi superapp yang bisa berikan layanan apapun tidak hanya layanan media sosial. Elon menegaskan upayanya mengubah logo Twitter jadi logo X ini bukan sekedar merubah logo atau nama, namun sebuah transformasi besar dari Twitter.

“Nama Twitter masuk akal ketika dia hanya mampu sebatas berbagi teks sampai 140 karakter. Tapi kini pengguna tWItter biSA posting hampir semuanya bahkan video yang durasinya berjam-jam” kata Elon Musk dilansir dari X (nama baru Twitter) pribadinya @elonmusk. 

Baca Juga : Elon Musk Ancam Gugat Meta Tentang Threads, Diduga Jadi Aplikasi Tiruan

Lebih lanjut, alasan Elon Musk ganti logo Twitter jadi X ialah karena dalam beberapa bulan ke depan, akan muncul layanan komprehensif di X berupa layanan komunikasi dan fitur untuk memantau keuangan dunia.

“Jadi nama Twitter sudah tidak relevan lagi untuk tujuan kami. Karena itu memang harus kami ucapkan selamat tinggal pada nama Twitter dan pada logo burung biru” imbuhnya yang menegaskan Twitter telah berubah jadi X baik nama maupun logonya.

Namun penjelasan alasan Elon Musk ganti logo Twitter jadi X yang disampaikan itu tidak membuat warganet ruas.

Beberapa menyebut hal ini adalah upaya Elon untuk membuat WeChat versi dunia barat meski tidak sedikit pula yang menyambut baik dan berharap X kelak bisa jadi wadah untuk bisnis misalnya menyediakan layanan jual beli online seperti di TikTok Shop sehingga pengguna tidak hanya bermedia sosial saja namun juga bisa mendapat penghasilan dari sana.

WeChat sendiri ialah aplikasi dari yang serba bisa. Bisa dipakai untuk media sosial, transaksi pembayaran melalui WeChatPay, transfer uang, melakukan panggilan suara dan video, dan lainnya. Diduga Elon ingin X menjadi aplikasi serupa WeChat versi barat untuk bisa mendapat lebih banyak lagi pengguna.

Baca Juga : Elon Musk Ganti Logo Twitter Jadi X