Dunia Kecam Israel Usai Serang Masjid Al Aqsa Palestina

Pasukan Israel kembali menyerang warga yang sedang beribadah di dalam Masjid Al Aqsa. Akibat perbuatan keji tersebut, hampir seluruh dunia mengecam aksi Israel.

Dunia Kecam Israel Usai Serang Masjid Al Aqsa Palestina
Serang Masjid Al Aqsa, Dunia Kecam Israel! Gambar : AP Photo/Dok. Mahmoud Illean

BaperaNews - Ramadhan tahun 2023 dunia mengecam Israel dan kembali jadi ujian untuk umat islam Palestina di sekitar Masjid Al Aqsa. Setelah sebelumnya Jamaah yang shalat di masjid tersebut diserang oleh polisi Israel hingga menyebabkan 7 orang terluka, kini serangan kembali dilakukan.

Puluhan warga Israel menyerang Masjid Al Aqsa pada Kamis (6/4), hanya berjarak sehari dari serangan sebelumnya. Warga menyerang didampingi polisi Israel, mereka masuk paksa ke dalam masjid pada Kamis (6/4) pagi.

Akibatnya, warga yang shalat terpaksa shalat di jalan dekat masjid. Kompleks masjid Al Aqsa memang situs peninggalan suci untuk tiga agama yakni islam, Kristen , dan yahudi.

Namun berdasarkan status quo, hanya umat islam yang boleh masuk ke dalamnya. Sedangkan umat lain hanya boleh masuk di waktu tertentu. Namun warga dan polisi Israel yang Beragama non muslim melanggarnya.

Baca Juga : Israel Serang Masjid Al Aqsa, Negara-Negara Arab Gelar Rapat Darurat

Dunia Mengecam Israel

Ungkapan keprihatinan terus muncul dari berbagai dunia untuk Palestina, begitu pula dengan dunia mengecam Israel.

“Sangat prihatin dengan kekerasan yang masih saja dilanjutkan, kami mendesak semua pihak agar menghindari eskalasi lebih lanjut” – John Kirby - Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Amerika Serikat.

“Menginjak-injak Masjid Al Aqsa adalah garis merah kami” – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Moskow sampaikan keprihatinan serius tentang eskalasi antara Palestina dan Israel yang mengancam berkembang menjadi konfrontasi senjata penuh seperti yang berulang kali dilakukan di masa lalu. Tanggal hari raya keagamaan yang sama menambah ketegangan situasi. Kami minta Sekjen  PBB untuk memperhatikan dan menganalisis menyeluruh kejadian ini” – Jubir Kemenlu Rusia Maria Zakharova.

“Dimanapun dan kapanpun penjajah itu zalim, menginjak-injak nilai peri kemanusiaan dan peri keadilan rakyat yang dijajah. Mari kita jangan beri toleransi sedikitpun pada Israel sampai mereka beri kemerdekaan penuh untuk Palestina dan menghentikan tindakan penjajahannya” – Wakil Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Anwar Abbas.

“Tindakan Israel ini melanggar kebebasan internasional dan melanggar hukum” – Mesir.

“Kami mengecam Israel atas serangan ini dan menyerukan penolakan pada praktik yang merusak upaya perdamaian dan bertentangan dengan prinsip kesucian agama” – Arab Saudi.

“Ini pelanggaran terang-terangan pada tempat suci” – Qatar.

Kecaman untuk Israel lainnya datang dari Yordania yang mengutuk Israel dengan sekeras-kerasnya dan meminta Israel segera menarik pasukannya dari masjid.

Baca Juga : Serang Final Liga Palestina, Menlu Qatar Sindir Pasukan Israel