Berbagai Macam Tren Teknologi Yang Perlu Dicermati Di Tahun 2022

Semakin berkembangnya zaman tren digital berkembang di berbagai aspek kehidupan, meskipun semakin canggih ada beberapa tren teknologi yang perlu dicermati di tahun 2022 ini!

Berbagai Macam Tren Teknologi Yang Perlu Dicermati Di Tahun 2022
Ilustrasi Berbagai Macam Tren Teknologi Yang Terus Bermunculan. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Pandemi telah merubah banyak aktivitas seluruh manusia di muka bumi, baik dari segi cara bersosialisasi, sekolah, bekerja, cara menjalani hidup, cara berpikir, juga termasuk cara kita dalam menggunakan layanan. Selama 2 tahun terakhir sejak adanya pandemic covid-19, perusahaan terus beradaptasi dengan cepat, jika tidak bisa maka ia akan kehilangan bisnisnya.

Maka semakin banyak perusahaan yang memakai sistem kerja remote atau dengan layanan digital yang bisa menjangkau pelanggan tanpa harus bertatap muka, proses pembaruan pun dilakukan untuk tetap bisa berkembang di era baru ini.

Perusahaan dipaksa untuk bisa berevolusi, memakai teknologi, memanfaatkan data, dan melakukan proses strategis untuk membuat transisi yang sukses, tren digital dan daring terjadi di berbagai aspek kehidupan yang mau tidak mau manusia harus bisa menerapkannya.

Namun untuk bisa berjalan dengan baik, ada beberapa tren teknologi yang perlu dicermati selama tahun 2022 ini.

Baca Juga: Taksi Terbang Listrik Siapkan Rute Singapura – Indonesia Pada 2024

  • Data gravity mengakselerasi peralihan dan pemrosesan data

Interaksi kini mulai didukung teknologi baru seperti 5G, metaverse, loT, dan sebagainya yang memungkinkan perusahaan bisa memproduksi banyak data dari pengayaan dan integrase. Melihat tren ini, Gartner memperkirakan perusahaan akan lebih sulit memproses dan memindah data dimana dibutuhkan model operasional yang konsisten dan dana yang tidak sedikit untuk bisa membuat transisi lebih cepat.

  • Pelayanan IT semakin rumit

Di operasional IT, kini harus melakukan berbagai tugas seperti manajemen kapasitas, menyimpan dan mencadangkan data, juga manajemen keamanan, hal ini membuat interaksi manusia berkurang dan level kualitas layanan bergantung pada manajemen IT yang membuat pengelolaan lingkungan IT juga semakin rumit karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan.

  • Pendekatan everything as code

Pendekatan ini bermanfaat untuk perusahaan yang ingin mengembangkan aplikasi di semua aspek operasional, ini akan memberi efisiensi besar untuk organisasi IT, teknologi yang terus berkembang membuat pekerja bisnis harus bisa membuat keputusan yang strategis berdasarkan data dan mendapatkan operasional besar untuk bisa memberi layanan superior bagi pelanggan mereka.

Memang semakin lama zaman akan semakin bergerak dengan teknologi, jika tidak mengikuti dan mempelajarinya akan tertinggal, sebab itu semua kalangan harus bisa mengikuti adanya tren teknologi baru untuk bisa terus menjalani hidup dan melakukan segala aktivitas dengan lancar.

Baca Juga: Kominfo : 5G di Indonesia Seluruhnya Merata pada 2025