Twitter Akhirnya Rilis Fitur DM Terenkripsi untuk Pengguna Berbayar

Twitter akhirnya merilis fitur DM (Direct Messages) pada Rabu (10/5) sesuai janji dari Elon Musk, namun pengguna justru harus membayar.

Twitter Akhirnya Rilis Fitur DM Terenkripsi untuk Pengguna Berbayar
Twitter rilis fitur DM terenkripsi untuk pengguna berbayar. Gambar : Pexels.com/Dok. Sanket Mishra

BaperaNews - Twitter akhirnya merilis fitur DM (Direct Messages) yang telah lama dijanjikan. Fitur DM terenkripsi ini seharusnya bisa meningkatkan privasi pengguna, memudahkan pengguna berkomunikasi secara pribadi dengan pengguna lain, namun fitur DM terenkripsi Twitter justru punya banyak batasan.

Harus Bayar untuk Pakai Fitur DM terenkripsi Twitter

Fitur DM terenkripsi Twitter diluncurkan pada Rabu (10/5) sesuai janji dari bos Twitter Elon Musk, sayangnya pengguna justru harus membayar untuk bisa menggunakan fitur tersebut.

Fitur DM terenkripsi Twitter hanya bisa dipakai oleh pengguna yang berlangganan Twitter Blue atau akun organisasi yang telah terverifikasi dan membayar USD 1.000 per bulan atau akun yang terafiliasi dengan akun organisasi terverifikasi.

Baik penerima maupun pengirim pesan di fitur DM terenkripsi Twitter harus punya syarat tersebut, fitur hanya bisa berfungsi jika aplikasi juga telah di update versi terbaru, penerima harus mengikuti akun pengirim, penerima harus pernah kirim pesan ke pengirim, dan menerima permintaan DM dari pengirim sebelumnya.

Baca Juga : Fitur Terbaru Twitter: Ada Telepon dan Video Call Tanpa Nomor HP

Fitur DM terenkripsi Twitter sendiri ialah fitur opsional yang harus diaktifkan pengguna terlebih dahulu, jadi pengguna harus mengaktifkan toggle kuncinya yang ada di sudut kanan atas menu Twitter untuk bisa mengaktifkan pesannya.

Fitur DM terenkripsi Twitter saat ini diluncurkan masih dengan banyak batasan, tidak bisa diakses seluruh pengguna, pengguna juga hanya bisa memakai untuk percakapan pribadi one on one dan tidak ada opsi untuk percakapan grup.

Fitur DM terenkripsi Twitter Hanya Bisa untuk Teks dan Link

Saat itu, fitur DM terenkripsi Twitter hanya bisa dipakai untuk berkirim teks dan link, belum bisa mengirim media lain seperti foto atau video.

Foto dan video dinyatakan oleh Twitter belum bisa terenkripsi, jadi Twitter tidak bisa melindungi dari serangan man in the middle.

“Jika seseorang misalnya orang dalam yang jahat atau Twitter sendiri sebagai bagian dari proses hukum, menyusup percakapan terenkripsi, baik pengirim atau penerimanya tidak tahu. Sebagaimana yang Elon katakana, terkait DM, standarnya ialah jika seseorang menodongkan pistol ke kepala kami, kami tidak bisa akses pesan kalian, kami belum berhasil mencapai level itu tapi kami sedang mengusahakannya” bunyi pernyataan resmi Twitter pada Minggu (14/5).

Perlindungan terenkripsi di DM Twitter belum bisa sepenuhnya sesuai janji standar yang diminta Elon Musk namun Twitter menyebut saat ini sedang mengusahakannya dengan membuat mekanisme serangan lebih sulit dan meningkatkan keamanan pengguna.

Baca Juga : Wow! Harga Centang Biru Twitter di Arab Saudi Lebih Mahal