Alasan Libur Sekolah Jakarta Diperpanjang Hingga 11 Mei

Kemendikbudristek memutuskan untuk memperpanjang waktu liburan sekolah di Jakarta hingga 11 Mei 2022. Simak Alasannya!

Alasan Libur Sekolah Jakarta Diperpanjang Hingga 11 Mei
Alasan Libur Sekolah Jakarta Diperpanjang Hingga 11 Mei. Gambar : Unsplash.com/Dok. Ed Us

BaperaNews - Kemendikbudristek memutuskan untuk memperpanjang waktu liburan sekolah pada libur Lebaran 2022 ini di sejumlah daerah, sekolah diputuskan untuk mulai masuk pada 11 Mei 2022, hal ini dilakukan untuk mengurai dan mengurangi kemacetan di arus balik Lebaran.

“Untuk menindaklanjutinya Kemendikbudristek berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Jabar, dan Banten untuk memberi fleksibilitas masa penambahan libur sekolah selama tiga hari sampai 12 Mei 2022” ujar PLt Biro Kerjasama Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto hari Kamis 5 Mei 2022.

Anang menyebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat agar kebijakan penambahan masa libur sekolah bisa disampaikan kepada siswa siswi terkait dan para orang tua siswa, dengan demikian diharapkan kepadatan arus balik bisa berkurang dimana perkiraan arus balik terpadat mulai Jumat hingga Minggu 6 – 8 Mei 2022, sedangkan sekolah sebelumnya dijadwalkan masuk pada 9 Mei 2022.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga memberi informasi serupa, menyatakan periode libur sekolah di masa Lebaran 2022 diubah jadi 29 April – 11 Mei 2022 jadi para murid di semua jenjang sekolah akan mulai masuk pada 12 Mei 2022.

Baca Juga : Akhir Libur Lebaran, Penyu Ciletuh Rebahan, Tumpukan Sampah

Aturan tersebut juga sudah dituangkan dalam SE Disdik No, 13504/1.851 tentang kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022 yang disampaikan oleh Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radjagah, adapun surat edarannya ditujukan untuk para kepala sekolah.

“Pada poin enam dijelaskan libur Idul Fitri mulai dari 29 April sampai 11 Mei 2022, sehingga anak-anak mulai belajar kembali pada 12 Mei 2022 di semua jenjang pendidikan, baik sekolah negeri maupun swasta” ujar Taga hari Jumat 6 Mei 2022.

Menurutnya, jadwal libur sekolah di Jakarta memang sudah sesuai dengan tanggal yang diatur pemerintah tersebut. “Kalau dari Kementrian membuat kebijakan libur sampai tanggal 11, kami secara aturan menyesuaikan, artinya kami sejalan dengan apa yang ada di Kementrian” jelasnya.

Aturan memang diberlakukan di Jakarta dimana kota tersebut menjadi salah satu tujuan arus balik, sedangkan untuk wilayah lain seperti Jawa Tengah, sekolah sudah masuk mulai Senin 9 Mei 2022 sesuai dengan aturan awal yang juga diberlakukan serentak dengan para pekerja dan pegawai negeri sipil. 

Baca Juga : Mobil Terbakar Saat One Way Di KM 48 Tol Cikampek Arah Jakarta