Wow! Aquaman and The Lost Kingdom Jadi Film Terlaris DC di 2023

Film Aquaman and the Lost Kingdom berhasil menjadi film terlaris dari studio DC Extended Universe (DCEU) pada tahun 2023.

Wow! Aquaman and The Lost Kingdom Jadi Film Terlaris DC di 2023
Wow! Aquaman and The Lost Kingdom Jadi Film Terlaris DC di 2023. Gambar : Instagram/@dccomics_fr

BaperaNews - Aquaman terus membuktikan daya tariknya sebagai salah satu kisah paling menarik dalam DC Extended Universe (DCEU). Sukses besar dengan film keduanya, "Aquaman and the Lost Kingdom," yang ternyata menjadi film terlaris dari studio tersebut pada tahun 2023.

Film ini menjadi penyelamat bagi DC, yang sebelumnya mengalami beberapa kegagalan di pasaran pada tahun sebelumnya. 

Meskipun "Aquaman 2" tidak mencapai raihan yang sama dengan pendahulunya, namun berhasil meraih keuntungan yang melampaui biaya produksinya.

Menurut laporan dari The Numbers, "Aquaman and the Lost Kingdom" berhasil meraih pendapatan sebesar 335 juta USD atau setara dengan Rp 5,1 triliun. 

Sedangkan biaya produksi film ini mencapai 200 juta USD atau sekitar Rp 3,1 triliun. Angka tersebut terus bertambah seiring dengan masih berlangsungnya penayangan di beberapa negara.

Di peringkat kedua dalam kesuksesan film DC pada tahun 2023 ada "The Flash" dengan pendapatan global sebesar 266,5 juta USD atau sekitar Rp 4,1 triliun. 

Sementara itu, "Shazam! Fury of the Gods" berada di peringkat bawah dengan pendapatan sebesar 132,9 juta USD atau setara dengan Rp 2 triliun.

Sebelumnya, Aquaman 2 hanya mampu meraih pendapatan domestik pada pekan pertamanya sebesar 27 juta USD atau sekitar Rp 415 miliar. 

Jumlah tersebut jauh dari capaian pendapatan minggu pertama film pertamanya yang mencapai 67,8 juta USD atau senilai Rp 1 triliun. Sementara secara global, film ini baru berhasil mengumpulkan 138,5 juta USD atau senilai Rp 2,1 triliun. 

Baca Juga : Film Baru Star Wars Akan Segera Digarap, Jadi Paling Istimewa!

Angka tersebut hanya mencapai 12 persen dari pendapatan yang diperoleh oleh film pertama yang dirilis pada 2018, yakni sebesar 1,1 miliar USD atau senilai Rp 16,9 triliun.

Meski "Aquaman and The Lost Kingdom" masih akan tayang di beberapa negara, seperti Korea Selatan dan Selandia Baru, namun sulit untuk menyamai atau melampaui pencapaian film sebelumnya.

Sebagai contoh, di China, film ini hanya mampu meraih pendapatan 30 juta USD pada pekan perdana, atau sekitar Rp 465 miliar. 

Sementara film sebelumnya mampu menghasilkan 93 juta USD atau senilai Rp 1,4 triliun dalam waktu kurang dari seminggu.

Kesuksesan "Aquaman and The Lost Kingdom" menjadi sorotan dalam industri perfilman, menunjukkan bahwa karakter Aquaman masih memiliki daya tarik yang kuat di mata penonton. 

Meskipun belum mencapai angka yang sama dengan film pertamanya, namun keuntungan yang diraihnya tetap mengesankan.

Keberhasilan Aquaman 2 jadi film terlaris ini juga memberikan angin segar bagi DC, yang sebelumnya menghadapi tekanan akibat beberapa film yang kurang berhasil di pasaran. 

Dengan catatan keuangan yang positif dari "Aquaman and The Lost Kingdom," DCEU kembali membuktikan bahwa mereka masih memiliki tempat di hati penonton dunia.

Baca Juga : Film Wonka Hadapi Ancaman Boikot Gegara Tingkah Timothee Chalamet