Bantuan Pangan dari Pemerintah Akan Berlanjut Hingga Juni 2024

Program bantuan sosial (bansos) khususnya bantuan pangan akan berlanjut hingga Juni 2024 asalkan kondisi APBN dinilai mencukupi. 

Bantuan Pangan dari Pemerintah Akan Berlanjut Hingga Juni 2024
Bantuan Pangan dari Pemerintah Akan Berlanjut Hingga Juni 2024. Gambar : BPMI Setpres/Dok. Muchlis Jr

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program bantuan sosial (bansos), khususnya bantuan pangan, hingga Juni 2024, asalkan kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dinilai mencukupi. 

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat mengecek cadangan beras di Gudang Bulog GBB Umbul Tengah, Kota Serang, Provinsi Banten, pada Senin (8/1).

Presiden Jokowi menyatakan bahwa apabila keuangan negara memungkinkan, pemerintah akan melanjutkan bantuan serupa hingga bulan Juni 2024. 

"Nanti kita hitung-hitungan lagi, kalau APBN memungkinkan kita lanjutkan lagi April, Mei, Juni. Setuju?" ujarnya dalam forum tersebut.

Dalam kunjungannya, Jokowi tidak hanya mengecek cadangan beras, tetapi juga turut berdialog dengan masyarakat setempat. Selain itu, beliau juga menyerahkan bantuan pangan berupa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat.

Baca Juga : Sulit Cari Impor Beras, Jokowi Minta Kepala Daerah Beri Bansos ke Masyarakat

Dalam dialognya bersama masyarakat, Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa para penerima manfaat telah menerima bantuan pangan berupa beras seberat 10 kilogram setiap bulannya. 

Beberapa warga yang hadir menjelaskan bahwa mereka baru menjadi penerima manfaat tambahan sehingga mulai menerima bantuan pada Januari 2024.

"Karena kemarin sudah dimulai September, Oktober, November, Desember, tapi ada yang pendaftar baru sehingga di Januari ini bisa masuk untuk mendapatkan," ungkapnya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan berusaha untuk melakukan perhitungan yang baik agar bantuan tersebut dapat terlaksana dengan baik hingga Juni 2024 mendatang. "Kita akan berusaha agar nanti bisa dilanjutkan di April, Mei, Juni 2024," tandas Jokowi.

Baca Juga : Program Bansos Dari Pemerintah Akan Berlanjut di Tahun 2024, Catat Daftarnya!