Viral TikTok! Mobil Disenggol Truk, Diduga Masuk Area Blind Spot

Video viral seorang pengemudi wanita yang mengungkapkan kisahnya setelah mobilnya disenggol oleh truk di Tol JORR.

Viral TikTok! Mobil Disenggol Truk, Diduga Masuk Area Blind Spot
Viral TikTok! Mobil Disenggol Truk, Diduga Masuk Area Blind Spot. Gambar: Kolase Tangkapan Layar Tiktok/ @bukanbunaa

BaperaNews - Beredar video viral curhatan pengemudi wanita yang mengalami kecelakaan di jalan tol JORR arah BSD, yakni mobil disenggol truk pada Kamis (21/9). Pengemudi bernama Sevia tersebut memperlihatkan mobilnya warna abu-abu yang rusak di bagian pintu depan karena disenggol truk tronton. Ia menangis histeris melihat bagian kiri mobilnya rusak parah.

“Mobil aku kecelakaan jalan tol JORR arah BSD. Mobil disenggol truk tronton sampai rusak parah,” cerita Sevia.

Sevia menjelaskan ia sempat cekcok dengan sopir truk karena tidak mau bertanggung jawab. Namun, warganet justru menyebut Sevia yang salah karena berada di posisi blind spot yang tidak terlihat oleh sopir. Sevia menyalip truk dari kiri jalan terlihat dari posisi mobilnya yang berada di lajur kiri.

“Area blind spot itu memang susah dilihat sama sopir truknya kak,” komentar warganet.

“Apa kaka berada di posisi blind spot? karena untuk mobil besar seperti truk tronton memang dia sulit lihat kendaraan lain di posisi itu,” timpal warganet lainnya.

“Itulah pentingnya jaga jarak aman kalau dekat kendaraan besar. Ingat konsep blind spot!” kata warganet lainnya lagi.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan 3 Mobil Ringsek di Tanah Merah Bangkalan

Terlepas dari apa sebab pasti kecelakaan jalan tol mobil disenggol truk tronton yang diceritakan Sevia di video viral, memang sebaiknya semua paham apa itu blind spot sebab kendaraan berdimensi besar seperti truk memiliki titik blindspot yang lebar pula sehingga kendaraan lain harus menghindari titik tersebut dan jaga jarak aman.

“Kalau dilihat dari video viralnya itu si pengemudi wanita memakai bahu jalan untuk menyalip truk dan mungkin truknya yang bobotnya besar makan badan jalan sampai bahu sehingga terjadi senggolan dan kontak. Kendaraan kecil jelas tidak terlihat oleh sopir truk kalau dia berada di titik blind spot,” pendapat Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana pada Jumat (22/9).

“Maka kalau berkendara di jalan tol harus taat pada marka. Walaupun terlihat lebar di bahu jalan depannya, jangan terpancing untuk ngegas tapi lihat kondisi lalu lintas dan tetap jaga kecepatan. Jaga jarak dengan kendaraan besar sebab makin dekat dengan kendaraan besar itu artinya makin masuk ke area blind spot dan potensi kesenggol semakin tinggi,” pungkas Sony.

Bahu jalan juga menurut UU 15/2005 tentang Jalan Tol ditegaskan hanya untuk kondisi darurat, bukan untuk kepentingan lain termasuk menyalip.

@baperanews.com Beredar video viral curhatan pengemudi wanita yang mengalami kecelakaan di jalan tol JORR arah BSD, yakni mobil disenggol truk pada Kamis (21/9). Pengemudi bernama Sevia tersebut memperlihatkan mobilnya warna abu-abu yang rusak di bagian pintu depan karena disenggol truk tronton. Ia menangis histeris melihat bagian kiri mobilnya rusak parah. #kecelakaan #blindspot #beritaviral #baperanews ♬ Piano melody for loved ones(1258931) - naopapa

Baca Juga: Pomdam Jaya: Pemicu Kecelakaan Tol MBZ Gegara TNI Lawan Arah, Lettu G Sakit Syaraf Otak