Tol Cijago Bakal Beroperasi Juli 2023, Jakarta-Bogor Hanya 45 Menit

Tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 3B ruas Limo-Krukut akan segera dioperasikan, memungkinkan perjalanan Bogor-Jakarta hanya dalam waktu 45 menit. Simak selengkapnya di sini!

Tol Cijago Bakal Beroperasi Juli 2023, Jakarta-Bogor Hanya 45 Menit
Tol Cijago Bakal Beroperasi Juli 2023, Jakarta Bogor Hanya 45 Menit. Gambar : Kompas.com/Dok. Kristianto Purnomo

BaperaNews - Ruas tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 3B ruas Limo-Krukut akan dioperasikan dalam waktu dekat menurut keterangan Kementerian PUPR.

Jika telah dibuka nantinya, perjalanan Bogor-Jakarta bisa ditempuh hanya 45 menit saja melalui variasi selain keluar pintu Cawang namun juga tembus ke Cinere dan masuk Andara. Artinya via tol Jakarta Bogor, perjalanan dari Jakarta menuju Bogor bisa lebih mudah dan cepat.

Dirut Translingkar Kita Jaya Hilman Muchsin mengungkap upaya pembebasan lahan dan pembangunan fisik sudah hampir 100%, ia yakin pengerjaan jalan tol Cinere Jagorawi bisa terus dikebut.

“Saat ini tol Cijago yang menjadi bagian dari tol Jakarta Bogor sudah sampai 98,2% pembebasan tanah, konstruksi sudah 95%. Masih ada 200 meter lagi untuk kita selesaikan. InsyaAllah Cinere-Serpong bisa selesai akhir bulan ini dan tersambung secara konstruksi. Bisa diuji atau difungsionalkan akhir Juli. Akhir Juli pengoperasiannya, kalau nyambung di akhir bulan ini selesai bisa digunakan” kata Hilman pada Minggu (11/6).

Hilman yakin pengerjaan tol Cijago yang merupakan bagian tol Jakarta Bogor bisa cepat selesai karena yang dikerjakan tidak terlalu panjang, hanya ratusan meter. 

Baca Juga : Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Tagih Utang Rp800 M ke Pemerintah

“Krukut-Cinere panjangnya 2,5 km, Seksi 3 Kukusan-Cinere 5,4 km, Seksi 3A sudah dioperasikan. Jadi tinggal 3B dari 2,5 km tinggal 200 meter lagi” terangnya.

Pembangunan tol Cinere Jagorawi ini terus dikebut karena sudah molor dari tanggal target operasi yang sebelumnya ditetapkan pemerintah Seksi 3 di awal tahun 2023.

Namun, baru diselesaikan pertengahan tahun ini, hilal penyelesaian tol Cijago baru terlihat. Hilman mengungkap sebab molornya pembangunan dari target ini karena masalah klasik, soal pengadaan tanahnya.

“Tanah di Depok itu agak sulit ya, walau kita pelopori pembangunan jalan tol dari tahun 2007. Seksi 1 butuh 4 tahun cuma dapat 4 km, Seksi 2 5,4 km tapi sampai 10 tahun. Kebijakan pemerintah sekarang sudah berubah, Seksi 3 InsyaAllah bisa selesai 2 tahun karena yang sisa 14 bidang itu 7 konsinyasi dan 7 validasi BPN. Semoga akhir bulan ini bisa selesai sehingga konstruksi tol Cijago selesai Juni dan bisa dipakai atau dioperasionalkan pada Juli 2023 sepanjang ada ijin dari pemerintah” pungkas Hilman.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus menambah dan memperbaiki infrastruktur di Indonesia untuk melancarkan dan memudahkan kegiatan mobilitas orang maupun barang yang nantinya bisa berdampak pada kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Semoga pembangunan infrastruktur jalan oleh Kementerian PUPR ini bisa merata sampai ke luar Jawa di seluruh Indonesia ya.

Baca Juga : Harga Tol Cipularang Naik Per 5 Juni, Segini Rinciannya!