Terminal 3 Bandara Soetta Buka SPKLU Kendaraan Listrik Mulai November 2022

PT Angkasa Pura II akan membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Terminal 3 Bandara Soetta mulai November 2022 mendatang.

Terminal 3 Bandara Soetta Buka SPKLU Kendaraan Listrik Mulai November 2022
Terminal 3 Bandara Soetta buka SPKLU kendaraan listrik mulai November 2022. Gambar : Dok. PLN

BaperaNews - Dalam rangka mendorong ekosistem kendaraan listrik di tanah air, PT Angkasa Pura II yang menjadi operator di 20 Bandara Indonesia akan membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Terminal 3 Bandara Soetta.

EGM of Adjacent Business AP II, Yado Yarismano menjelaskan tahun ini akan dihadirkan inovasi pengembangan kendaraan listrik di Bandara Soetta.

“Pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soetta dilakukan konsisten dan berkelanjutan untuk bisa mendorong penggunaan kendaraan listrik secara optimal. Awal November 2022, Bandara Soetta membuka SPKLU, kami harap bisa semakin mempermudah penggunaan kendaraan listrik dan makin banyak orang yang beralih ke kendaraan listrik” ujarnya pada Kamis (13/10).

Tahap awal yang dilakukan bersamaan dengan KTT G20 Bali yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022 dimana mobil listrik jadi armada untuk kendaraan para delegasi yang hadir.

Baca Juga : Sah! Kendaraan Dinas Pemerintah RI Jadi Mobil Listrik

“SPKLU di tahap awal ini dipakai untuk mendukung pelaksanaan KTT G20. Ada 10 slot parker kendaraan listrik untuk mengisi energi dan 1 unit fast charging DC yang bisa mengisi energi listrik dengan cepat dalam hitungan menit dan 2 normal charging AC” terangnya.

SPKLU akan terus dikembangkan hingga tahun 2025. Director Facility Management Business PT AP,Solusi Muhammad menyampaikan pengembangan Tahap I selesai pada tahun 2022, selanjutnya dilakukan pengembangan Tahap II pada semester II 2023, dan pengembangan Tahap III selesai awal tahun 2025.

Nantinya,SPKLU Terminal 3 Bandara Soetta akan memiliki 40 slot parker pengisian kendaraan listrik dengan 5 fast charging DC dan 5 normal charging AC.

“SPKLU Terminal 3 Soetta bisa dioperasikan secara komersial untuk memberi pelayanan bagi kendaraan umum maupun kendaraan pribadi berbasis listrik, kapasitas akan terus meningkat pada Tahap II sehingga bisa melayani kendaraan besar” jelasnya.

Bandara Soetta sendiri saat ini telah memiliki kendaraan listrik berupa taksi, bus, golf car, Segway, hingga skytrain. Semua kendaraan tersebut dioperasikan dengan energi listrik untuk menciptakan ekosistem lebih ramah lingkungan di kawasan Bandara sekaligus mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

Diharapkan dengan adanya SPKLU, masyarakat bisa lebih mudah menggunakan kendaraan listrik dan semakin banyak yang berminat untuk beralih ke kendaraan listrik.

Baca Juga : Menhub Dorong Pemerintah Pusat dan Daerah Pakai Kendaraan Listrik