Sirkuit Mandalika Dipastikan Siap Jadi Tuan Rumah WSBK Hingga MotoGP 2023

Dirut Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria memastikan bahwa sirkuit Mandalika siap menjadi tuan rumah WSBK hingga MotoGP 2023.

Sirkuit Mandalika Dipastikan Siap Jadi Tuan Rumah WSBK Hingga MotoGP 2023
Sirkuit Mandalika Siap Jadi Tuan Rumah WSBK Hingga MotoGP 2023. Gambar : Antara Foto/Dok. Ahmad Subaidi

BaperaNews -  Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria memastikan bahwa Sirkuit Mandalika siap menjadi tuan rumah untuk berbagai kompetisi balapan internasional yang akan dilaksanakan pada tahun ini. 

Dalam pernyataannya di Jakarta pada Rabu (1/2) lalu, Priandhi Satria menjelaskan bahwa dari segi teknis dan operasional, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai kegiatan mingguan seperti track day, dan kegiatan lainnya. Para stakeholder terkait termasuk juga marshal telah terlatih untuk melakukan serta menjaga tugas mereka pada setiap event.

Selain itu, Priandhi Satria pun menyebut para staf termasuk marshal (petugas yang membantu di area lintasan ketika terjadi insiden dalam balapan) telah terlatih dalam menjalankan tugas mereka di bawah pelatihan hingga arahan beberapa stakeholder terkait, termasuk juga Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Mengenai kondisi Sirkuit Mandalika, Priandhi Satria menegaskan pihak manajemen selalu melakukan pemeliharaan rutin. Hingga saat ini, masih belum terdapat urgensi atau rencana untuk melakukan penyegaran maupun renovasi Sirkuit Mandalika.

Baca Juga : Kenalin! Daftar Nama Pelatih Esports Indonesia di SEA Games 2023

Priandhi Satria menyampaikan untuk pemeliharaan sirkuit, tidak dilakukan hal apa pun kecuali maintenance rutin. Akan tetapi, saat ini yang pihaknya lakukan yaitu pengecatan ulang di garis start yang telah pudar akibat faktor cuaca.

Diketahui, penyelenggaraan beberapa kejuaraan balap motor bergengsi di Mandalika masih belum dapat lepas dari status pandemi Covid-19.

Ketika ditanya terkait hal tersebut serta potensi adanya pembatasan penonton, Priandhi pun menjelaskan bahwa pihaknya akan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan (dinkes) setempat.

Priandhi Satria menjelaskan pihaknya menargetkan jumlah penonton ajang WSBK diatas 50 sampai 60 ribu, dan sebetulnya jumlah tersebut masih dibawah kapasitas. Akan tetapi, sampai saat ini masih tidak ada pembatasan.

Sebagai informasi, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah dalam putaran kedua Kejuaraan Dunia Superbike (FIM Superbike World Championship/WSBK) 2023.

Kemudian di sela kompetisi WSBK juga akan ada supporting race Mandalika Racing Series perdana. Setelah itu akan dilaksanakan ronde keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) pada bulan Agustus, hingga seri MotoGP pada bulan Oktober 2023.

Baca Juga : Asik! WSBK 2023 Mandalika Buka Lowongan Volunteer, Lulusan SMP-SMA Bisa Daftar