Simic Menang Gugatan di FIFA, Persija Harus Bayar Tunggakan Rp 20,7 Miliar

Pesepakbola striker asal Kroasia Marko Simic menang gugatan di FIFA atas Persija Jakarta, oleh karena itu Persija wajib bayar tunggakan gaji Simic sebesar Rp 20,7 miliar.

Simic Menang Gugatan di FIFA, Persija Harus Bayar Tunggakan Rp 20,7 Miliar
Simic Menang Gugatan di FIFA. Gambar : Bola.com/Dok. Yoppy Renata

BaperaNews - Pesepakbola striker asal Kroasia Marko Simic menang gugatan pada klub Indonesia Persija Jakarta karena kasus sengketa gaji. Simic berhasil membuat Persija kalah dalam sidang. Persija kini harus membayar kompensasi gaji kepada Simic sebesar Rp 20,7 Milyar.

Dalam putusan FIFA tentang Simic menang gugatan, Persija harus membayar tunggakan gaji kepada Simic selama masa Mei 2020 sd April 2022. Menurut hasil putusan setebal 23 halaman tersebut, tunggakan meliputi gaji utama, bonus, dan bunga 5%.

“Persija harus membayar kepada Simic Sebesar US$ 1.301.048 ditambah Rp 745.172.22. Selanjutnya Persija diharuskan memberi Simic bukti pembayaran pajak kepada otoritas berwenang” bunyi putusan FIFA.

Persija diberi waktu 45 hari untuk membayar tunggakan, jika tidak membayar, Persija akan mendapat sanksi lebih banyak dari badan sepakbola dunia.

“Persija dibanned untuk pendaftaran pemain baru baik itu pemain lokal maupun dari luar negeri sampai jumlah tunggakannya dibayar. Maksimum bannednya sampai tiga periode” bunyi salah satu ancaman sanksi untuk Persija jika tidak membayar gaji Simic.

Marko Simic sebelumnya mengungkap masalah yang ia alami dengan Persija pada 27 April 2022. Simic sebelumnya direkrut oleh Persija, namun ia justru tidak mendapat gaji, Persija menunggak gaji Simic.

Baca Juga : Xavi Sedih Ketika Barcelona Diejek Mafia Oleh Fans Atletic Bilbao

Gaji Simic dipotong dengan alasan ada pandemi Covid-19, pada saat itu PSSI memang memberi kebijakan pemotongan gaji pemain untuk memberi perlindungan pada klub di masa-masa sulit.

Hampir semua pemain Persija setuju gajinya dipotong, mereka kemudian tanda tangan perjanjian perubahan kontrak. Namun ada pemain yang tidak setuju, diantaranya Marc Klok dan Simic, mereka memilih untuk tidak tanda tangan.

Marc Klok akhirnya memilih untuk keluar kontrak secara sepihak dan Persija tidak mau membayar secara penuh gaji Marc Klok. Marc Klok kemudian pindah ke Persib Bandung yang di lapangan menjadi musuh berat Persija.

Sedangkan Marko Simic memilih untuk memperjuangkan gajinya secara penuh, Simic kemudian melaporkan hal ini kepada FIFA dan akhirnya kini Simic memenangkan gugatannya. Persija dianggap wajib untuk membayar gaji pemain yang merupakan haknya.

Pihak Persija hingga berita ini disampaikan belum memberikan keterangan terkait Simic menang gugatan.

“Untuk hal ini masih dikomunikasikan bersama internal Persija, nanti kalau sudah update ya baru diinfokan, terima kasih” tutur Media officer Persija Muhammad Nadhil. Sementara Simic saat ini bergabung dengan Klub asal Serbia Radnicki FK.

Baca Juga : Rumor Lionel Messi Akan Pimpin Eksodus Pemain PSG