Seleksi CPNS 2023 Dibuka Lebih Cepat, Kuota Lebih Banyak!

Pembukaan Seleksi CPNS 2023 akan segera dibuka pada Juni 2023, jumlah formasinya diperkirakan lebih banyak dari tahun lalu. Simak selengkapnya!

Seleksi CPNS 2023 Dibuka Lebih Cepat, Kuota Lebih Banyak!
Seleksi CPNS 2023 akan segera dibuka dan jumlah kuota di perbanyak. Gambar : menpan.go.id

BaperaNews - Kabar tentang pembukaan seleksi CPNS 2023 (Calon Pegawai Negeri Sipil) akhirnya mulai diketahui, pemerintah menargetkan seleksi CPNS dibuka pada Juni 2023. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Pendayagunaan Negara & Reformasi Birokrasi Alex Denni mengungkap seleksi akan dibuka untuk CPNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

“Juni 2023” tutur Alex hari Jumat (27/1). Seleksi PPPK 2022 belum selesai, Alex menjamin semua proses akan dilakukan paralel, pihaknya tengah menyusun kalender untuk seleksi ASN (Aparatur Sipil Negara) tersebut.

Seleksi dimulai lebih cepat dari tahun 2022 lalu, targetnya pada April 2023 akan ditetapkan dan diumumkan formasinya, sehingga pada Kuartal III 2023 atau Juni 2023 akan diumumkan pembukaan seleksinya.

“Sudah ada kalendernya, target kita April sudah penetapan formasi, jadi lebih awal dari tahun 2022 lalu, tahun lalu kan penetapan formasi baru Oktober, sekarang Kuartal II sudah ditetapkan dan Kuartal III kita mulai eksekusi” bebernya.

Baca Juga: Lowongan CPNS 2023 Dipastikan Dibuka! Ini Rincian Gaji dan Tunjangannya

Sedangkan untuk jumlah formasi yang dibuka, Alex belum bersedia menjawab, namun ia menjamin jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu. “InsyaAllah April kita umumkan jumlah formasinya, lebih banyak dari tahun 2022, karena tahun 2023 ini kita targetnya selesaikan masalah tenaga honorer K2, non ASN, dan lainnya” terangnya.

Selain tentang target jadwal dan formasi, anggaran kebutuhan juga telah disepakati kementerian terkait, sedang dicek oleh instansi di daerah, serta telah ada tim khusus yang menyiapkan soal untuk tes seleksi. “Tim sudah siapkan soal, dari Kemendikbud, BPK dengan Kemenkes, BRIN, BSSN yang jadi Panitia Seleksi Nasional dengan BKN” pungkasnya.

Terakhir, Alex menyampaikan, pada seleksi CPNS kali ini pihaknya fokus untuk tenaga guru dan kesehatan, selanjutnya baru ke tengah transformasi digital. “Kita penuhi guru dan kesehatan dulu, baru digital, itu prioritas” tutupnya.

Sedangkan Menteri PANRB Abdullah Azwar sebelumnya menyebut CPNS 2023 akan diisi dengan formasi dengan tenaga khusus dan dengan wilayah penempatan khusus seperti di Papua, “Calon PNS tertentu seperti jaksa, hakim, dosen, dan tenaga teknis lainnya. Disiapkan dan dijaki terkait kebutuhan ASN di Papua dan Papua Barat juga di DOB Papua” tuturnya Rabu 21 Desember 2022 lalu.

Lowongan CPNS 2023 dan PPPK 2023 hendak dibuka sekitar bulan Juni 2023, tak ada salahnya siapkan diri dan persyaratannya mulai dari sekarang, semoga berhasil.

Baca Juga: Lowongan CPNS Dan PPPK 2023: Syarat, Formasi, Hingga Besaran Gaji