Selain Sate, Berikut Ide Masakan Dari Olahan Daging Idul Adha

Tidak hanya sate, membuat masakan dari olahan daging bisa bervariasi. Untuk itu, agar kamu tidak bosen dengan hidangan yang itu-itu aja saat Idul Adha. Berikut ide masakan olahan dari daging!

Selain Sate, Berikut Ide Masakan Dari Olahan Daging Idul Adha
Ide masakan dari olahan daging untuk Idul Adha. Gambar : Pixabay.com/Dok. RitaE

BaperaNews - Nahdlatul Ulama memutuskan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Sementara Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 9 Juli. Itu artinya perayaan Idul Adha 2022 di Indonesia tinggal menghitung hari.

Perlu kita ketahui, momen Hari Raya Idul Adha tentunya menjadi momen yang tak terlewatkan bagi umat muslim. Pada momen ini, selain mempersiapkan ibadah untuk Hari Raya Idul Adha umat muslim juga melakukan persiapan untuk momen kebersamaan.

Mempersiapakan hidangan menjadi hal yang wajib dilakukan sebagai pelengkap silaturahim bersama dengan keluarga dan sanak saudara. Masakan yang disajikan dalam perayaan Idul Adha ini biasanya merupakan masakan yang berasal dari olahan daging hasil pemotongan qurban.

Oleh karena itu, tim Baperanews.com akan memberikan ide masakan dari olahan daging Idul Adha yang pastinya akan nikmat saat dihidangkan. 

Berikut Ide Masakan dari Olahan Daging Idul Adha yang Wajib Kamu Buat : 

  1. Rabeg

Rabeg. Gambar : Masakapahariini.com

Rabeg merupakan salah satu makanan olahan daging dan jerohan kambing khas Banten. Hidangan ini dimasak dengan bumbu berupa tomat, garam, gula merah, merica, kayu manis, pala, dan kecap manis. Rabeg merupakan hidangan hasil akulturasi antara makanan Timur Tengah dan Banten. Konon pada zaman dulu, Sultan Banten mencicipi masakan yang serupa di Timur Tengah dan ketika pulang ke Banten, terciptalah masakan bernama Rabeg.

  1. Semur

Semur. Gambar : Unsplash.com/Dok. Yvonne Lee Harijanto

Bagi orang Jakarta, masakan olahan daging ini menjadi makanan khas yang dianggap harus ada saat Idul Adha. Makanan betawi ini diracik dengan berbagai bumbu rempah dan menggunakan kecap sehingga menghasilkan kuah yang berwarna coklat pekat. Makanan ini cocok untuk dihidangkan dengan berbagai masakan lainnya. Biasanya semur dimakan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk atau emping agar lebih lezat.

  1. Gulai

Gulai. Gambar : Unsplash.com/Dok. Mahadev Ittina

Salah satu makanan khas Idul Adha yang menjadi favorit bagi banyak orang adalah gulai. Hidangan ini merupakan masakan olahan daging yang berkuah kental dan gurih karena dimasak dengan santan dan berbagai bumbu rempah.

  1. Tengkleng

Tengkleng. Gambar : indonesiasenang.com

Hidangan selanjutnya ialah Tengkleng. Tengkleng merupakan makanan khas solo, yang hampir mirip dengan gulai kambing, tetapi memiliki kuah yang lebih encer. Selain daging, tengkleng juga bisa diolah dengan tulang-tulang ataupun jeroan kambing.

  1. Tongseng

Tongseng. Gambar : tribunnews.com/Sajian Sedap

Dengan memanfaatkan daging kambing yang empuk, masakan tongseng juga banyak diminati saat perayaan Idul Adha. Dengan rasa kuah yang gurih pedas ini menjadi salah satu hidangan favorite bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk