Profil Gibran Rakabuming, Cawapres Prabowo Subianto

Kenali lebih dekat profil Gibran Rakabuming, cawapres Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Baca selengkapnya di sini!

Profil Gibran Rakabuming, Cawapres Prabowo Subianto
Profil Gibran Rakabuming, Cawapres Prabowo Subianto. Gambar: Kompas/Fristin Intan Sulistyowati

BaperaNews - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, resmi ditunjuk sebagai cawapres pendamping Capres Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Pengumuman ini menepis berbagai spekulasi publik terkait siapa yang akan mendampingi Menhan Prabowo Subianto di kontestasi pilpres mendatang.

Profil Gibran Rakabuming

Pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini memiliki riwayat pendidikan yang cukup mencengangkan. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Solo, Gibran hijrah ke Singapura untuk melanjutkan pendidikan menengahnya di Orchid Park Secondary School.

Selanjutnya di tahun 2007, Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore dan menempuh pendidikan di University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga tahun 2010.

Sebelum terjun ke politik, Gibran Rakabuming terjun di dunia bisnis. Diketahui bahwa ia memulai usahanya di bidang katering dengan brand Chilli Pari. Keberhasilannya di bidang bisnis katering membawanya menjadi ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Selain itu, beberapa bisnis lain seperti Goola, Markobar, dan Mangkok Ku Indonesia juga melekat dengan nama Gibran.

Baca Juga: Ini Alasan Gibran Tidak Hadir dalam Deklarasi Cawapres Prabowo Subianto

Kemenangan dalam Pilkada Solo 2021 memposisikannya sebagai Walikota Solo. Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa dan berhasil meraih dukungan mayoritas dengan 86,54 persen suara.

"Menetapkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta dengan perolehan 225.451 suara atau 86,54 persen," tutur Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, Kamis (21/1/2021).

Kini, sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024, banyak mata tertuju pada Gibran. Terlebih dengan latar belakangnya sebagai putra presiden, Walikota Solo, dan profil Gibran Rakabuming yang kaya dengan pengalaman bisnis dan kepemimpinan. Gibran dan Prabowo dijadwalkan untuk mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober mendatang.

Dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara, total harta Gibran mencapai Rp26 miliar yang terdiri dari tanah, bangunan, alat transportasi, hingga kas. Selain harta tersebut, Gibran juga memiliki utang sebesar Rp551,5 juta.

Dengan kehadiran Gibran sebagai cawapres 2024, dinamika politik Pilpres 2024 diprediksi akan semakin seru. Publik tentunya penasaran dengan kemampuan Gibran Rakabuming dalam berkontribusi pada Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto.

Baca Juga: Sah! Jokowi Restui Gibran Jadi Cawapres Prabowo