Indonesia Raih Prestasi Luar Biasa di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Fahd A Rafiq: 13 Rekor Baru dan 95 Medali

Kontingen Indonesia meraih prestasi luar biasa di Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan 13 rekor baru dan total 95 medali.

Indonesia Raih Prestasi Luar Biasa di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Fahd A Rafiq: 13 Rekor Baru dan 95 Medali
Indonesia Raih Prestasi Luar Biasa di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Fahd A Rafiq: 13 Rekor Baru dan 95 Medali. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kontingen Indonesia telah meraih prestasi luar biasa dalam Asian Para Games 2022 Hangzhou yang berlangsung di Hangzhou, China, pada 22-28 Oktober 2023.

Mereka tidak hanya berhasil melampaui target 19 medali emas, tetapi juga memecahkan 13 rekor baru, mengukuhkan posisi Indonesia sebagai kekuatan olahraga para atlet regional dan internasional.

Dalam perolehan medali terakhir Asian Para Games Hangzhou 2022, Indonesia menempati peringkat keenam dengan total 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu, mengumpulkan total 95 medali dari 12 cabang olahraga yang diikuti. Capaian ini merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras para atlet, pelatih, manajer, dan ofisial.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyatakan rasa bangganya kepada para atlet yang telah berjuang di Asian Para Games 2022.

“13 rekor ini merupakan rekor yang sangat tinggi dengan total 95 medali menjadi capaian yang sangat baik bagi atlet atlet yang telah berjuang bagi Indonesia dan berada di urutan ke empat.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (30/10).

Ditekankan bahwa pencapaian ini adalah hasil kolaborasi yang kuat antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, NPC Indonesia, pelatih, manajer, dan semua pihak yang terlibat dalam persiapan dan penyelenggaraan Asian Para Games.

Wasekjen NPC Indonesia mengungkapkan bahwa akan ada evaluasi menyeluruh setelah penyelenggaraan Asian Para Games 2022. Evaluasi ini akan mencakup penilaian performa atlet di setiap cabang olahraga, dengan tujuan untuk terus memajukan prestasi para atlet Indonesia.

Selanjutnya, NPC Indonesia akan fokus pada persiapan untuk Paralimpiade Paris 2024 dengan target masuk dalam 40 besar dunia. Hal ini didasarkan pada hasil performa gemilang Kontingen Indonesia dalam ajang multi-event seperti Asian Para Games 2022.

“Capaian ini bukanlah hal yang biasa terjadi, namun menjadi sebuah capaian luar biasa. Kita melewati target untuk para atlet kemudian juga menjadi yang tertinggi di wilayah Asia Tenggara.” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (30/10).

Dengan perolehan medali sebesar 73 persen berdasarkan rasio atlet dan prestasi, Indonesia menempati posisi ketiga setelah China dan Uzbekistan. Prestasi ini semakin mempertegas Indonesia sebagai kontingen terbaik dari kawasan Asia Tenggara, dengan Thailand di peringkat ketujuh, Filipina di urutan kesembilan, Malaysia di nomor 12, dan Singapura di urutan 17.

Prestasi luar biasa Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou adalah bukti semangat, kerja keras, dan dedikasi para atlet, serta dukungan yang kuat dari seluruh pihak terkait. Mereka telah menjadi inspirasi bagi generasi masa depan dan telah mengukuhkan posisi Indonesia di panggung olahraga dunia.

Penulis : Ahmad G