Pekanbaru Bakal Pasang Ratusan Lampu Jalan Tenaga Surya Rp265 M

Pemkot Pekanbaru menerima hibah 300 Lampu PJU Tenaga Surya senilai Rp265 miliar dari Kementerian ESDM.

Pekanbaru Bakal Pasang Ratusan Lampu Jalan Tenaga Surya Rp265 M
Pekanbaru Bakal Pasang Ratusan Lampu Jalan Tenaga Surya Rp265 M. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Pemerintah pusat, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), telah menghibahkan sebanyak 300 unit Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) berbasis Tenaga Surya (TS) kepada Pemerintah Kota Pekanbaru. Penyerahan ini bertujuan untuk meningkatkan penerangan di beberapa wilayah kota.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, Yuliarso, mengonfirmasi bahwa PJU TS sebanyak 300 unit tersebut akan segera difungsikan di berbagai lokasi strategis di kota. Proses penyerahan hibah ini berlangsung pada 8 November 2023 di Gading Serpong dengan total nilai mencapai Rp265 miliar.

"Ini merupakan PJU TS hibah yang kita terima pada tahun ini. Kami berterima kasih atas dukungan dari Kementerian ESDM," ungkap Yuliarso.

Diakui bahwa sebagian besar lampu PJU yang saat ini beroperasi masih menggunakan teknologi konvensional. Namun, dengan hibah ini, secara bertahap PJU di Kota Pekanbaru akan diperbarui dengan teknologi terkini, yaitu menggunakan energi surya.

Baca Juga : Kini Gunakan Air Tanah dari Sumur Wajib Lapor ke Kementerian ESDM!

Meski mendapat hibah baru, Yuliarso tidak menutup mata terhadap kendala yang dihadapi, terutama terkait lampu PJU yang sudah tidak berfungsi.

Banyak lampu yang mengalami mati karena telah melewati masa pakai, terutama yang terakhir kali diganti pada tahun 2019. Kondisi ini terutama terjadi pada Lampu Hemat Energi (LHE).

"LHE memiliki masa pakai terbatas, sehingga saat kita menggantinya pada tahun 2019, sebagian besar sudah tak menyala lagi saat ini," jelas Yuliarso.

Dari total 37.000 titik lampu PJU di Kota Pekanbaru, sekitar 19.000 titik merupakan LHE. Pihak Dishub telah mengajukan penggantian lampu PJU pada tahun 2022 untuk mengantisipasi banyaknya LHE yang diprediksi akan mati pada tahun 2023. Namun, keterbatasan anggaran menjadi hambatan, dan pengajuan tersebut belum sepenuhnya terpenuhi.

Meskipun demikian, dengan adanya hibah PJU TS senilai Rp265 miliar, Pemkot Pekanbaru dapat terus meningkatkan infrastruktur penerangan di kota mereka.

Baca Juga : PLTS Terapung Cirata Berdaya Mampu Suplai Listrik 50 Ribu Rumah Tangga!