Netflix Akan Larang Pengguna Berbagi Password Mulai Tahun 2023

Mulai tahun 2023 layanan streaming Netflix melarang pengguna yang berbagi password dan menetapkan biaya ekstra untuk pengguna yang berbagi akun ke orang lain.

Netflix Akan Larang Pengguna Berbagi Password Mulai Tahun 2023
Netflix akan larang pengguna berbagi password mulai tahun 2023. Gambar : unsplash.com/Dok. DCL

BaperaNews - Mulai tahun 2023, Netflix melarang dan menindak tegas pengguna yang berbagi password atau kata sandi. Netflix juga menetapkan biaya ekstra untuk pengguna yang berbagi akun ke orang lain di luar anggota keluarganya.

Kebijakan Netflix larang pengguna berbagi password tersebut telah diuji coba di Amerika Latin, pengguna dikenai biaya tambahan 3 dollar AS atau Rp 46.000.

Dalam aturannya, pemilik akun Netflix utama yang berlangganan dan memilih opsi berbagi password, wajib memberi kode verifikasi kepada orang lain yang bukan keluarganya atau yang bukan serumah dengannya, dibanding dengan melarang secara langsung atau sepenuhnya.

Netflix juga mempertimbangkan opsi konten berbayar tiap penayangan dan kabarnya akan ditambahkan ke katalog mereka. Maka dengan adanya kebijakan Netflix larang pengguna berbagi password, pengguna akan lebih hati-hati jika ingin membagikan password Netflixnya, sebab harus menambah biaya langganan.

Opsi tersebut belum pasti akan dipakai oleh perusahaan atau tidak, sebab jika diterapkan juga bisa membuat antarmuka aplikasi jadi lebih rumit. Selama ini, Netflix hanya mengizinkan pengguna berbagi password khusus dengan orang yang serumah atau tinggal bersama yang telah tercantum di Help Center Netflix.

Baca Juga : Netflix Kehilangan Sejuta Pelanggan, Dampak Penjual Ilegal?

Maka untuk menegakkannya, Netflix akan mengawasi alamat IP pengguna, ID perangkat, dan aktivitas akun pengguna. Sederet upaya dilakukan Netflix untuk menekan praktik berbagi password, sebab hal ini berdampak pada jumlah pelanggan berbayar.

“Untuk menegakkan aturan, Netflix akan memantau alamat IP pengguna, ID perangkat, juga aktivitas akun” tulis perusahaan.

Aturan berbagi akun atau password ini akan diterapkan secara bertahap di seluruh dunia untuk melihat bagaimana reaksi pengguna.

Dari laporan keuangan perusahaan per Kuartal I 2022, Netflix kehilangan sekitar 200 ribu pelanggan berbayar di seluruh dunia akibat adanya kebiasaan berbagi password. Membuat satu akun berbayar Netflix bisa dipakai oleh beberapa pengguna sekaligus.

Jika pengguna tidak berbagi password kepada teman atau orang lain yang tidak serumah dengannya, tentu jumlah pengguna berbayar Netflix akan bertambah, tidak terjadi pengurangan seperti saat ini.

Diduga ada lebih dari 100 juta rumah tangga mendapat bagian dari kebiasaan berbagi akun, maka ini jelas menyalahi kebijakan Netflix yang hanya mengizinkan akun dibagikan untuk keluarga. Alhasil, CEO Netflix Reed Hasting memutuskan tindakan lain berupa pungutan tambahan bagi pengguna yang nekat berbagi akun di luar keluarganya.

Baca Juga : Google Rilis Fitur Passkey, Simak Perbedaannya Dengan Password