Sejumlah Fenomena Matahari Yang Terjadi Pada 2023, Beserta Jadwalnya

Sejumlah fenomena matahari diprediksi akan kembali terjadi sepanjang tahun 2023 ini, salah satunya ialah Solstis. Berikut 4 fenomena matahari beserta jadwalnya!

Sejumlah Fenomena Matahari Yang Terjadi Pada 2023, Beserta Jadwalnya
Fenomena matahari yang terjadi pada 2023. Gambar : unsplash.com/Dok. Jongsun Lee

BaperaNews - Sejumlah fenomena matahari diperkirakan akan kembali terjadi sepanjang tahun 2023 ini, salah satunya ialah solstis dan ekuinoks. Fenomena matahari sebenarnya muncul terjadi tiap tahunnya, alhasil, di tahun 2023 ini juga akan terjadi.

Fenomena matahari di akhir tahun 2022 misalnya ialah solstis atau titik balik matahari yang kedua pada Kamis 22 Desember 2022 lalu, yang sebelumnya banyak dikaitkan dengan bencana di media sosial yang sempat viral namun telah dipastikan oleh BMKG bahwa hal itu hoaks serta pada kenyataannya tidak terjadi bencana karena solstis.

Memang usai solstis, sejumlah bencana alam terjadi di Indonesia seperti longsor dan banjir. Namun ORPA (Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa) dan BRIN (Badan Nasional Riset Inovasi) menegaskan bencana alam tersebut tidak berhubungan dengan solstis.

Baca Juga : Fakta Minum Air Hujan, Aman Atau Tidak?

Berikut sejumlah fenomena matahari beserta jadwalnya yang diperkirakan akan terjadi pada 2023 yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. 

4 Fenomena Matahari Yang Diperkirakan Terjadi Pada 2023 :

  1. Ekuinoks

Ialah masa ketika matahari melintas di ekuator bumi, membuat siang dan malam berlangsung lebih pendek. Jadwal fenomena matahari Ekuinoks terjadi dua kali setahun yakni pada 21 Maret dan 23 September 2023. Ekuinoks bagian dari Kulminasi karena Indonesia dilewati garis khatulistiwa.

  1. Solstis

Solstis ialah fenomena matahari lewat garis balik utara atau selatan, kedua garis ini garis khayal. Ekuinoks dan solstis terjadi karena bumi berotasi secara miring sehingga ujung sumbu rotasi bumi selalu menghadap ke arah sama yakni bintang kutub. Dampaknya ialah adanya pergantian musim. Jadwal fenomena matahari Solstis terjadi pada 21 Juni dan 22 Desember 2023.

  1. Periapsis

Periapsis ialah fenomena adanya dua titik orbit bumi berada di jarak terjauh dan terdekat dengan matahari. Jadwal fenomena matahari Periapsis terjadi pada 4 Januari 2023 pukul 23.17 WIB (jarak terdekat) dan 7 Juli 2023 pukul 03.06 (jarak terjauh).

  1. Kulminasi

Merujuk pada kondisi ketika matahari berada di titik tertinggi saat tengah hari, tepat di suatu lokasi di atas permukaan bumi. Terjadi di wilayah antara dua garis balik utara dan selatan. Indonesia dan Ka’bah berada di wilayah tersebut.

Kulminasi berhubungan dengan hari meluruskan kiblat, matahari berada di atas Ka’bah pada tengah hari. Di Indonesia, jadwal fenomena matahari kulminasi akan terjadi pada 20 Februari - 5 April dan 8 September - 22 Oktober 2023.

Baca Juga : BMKG Beri Penjelasan Fenomena Hujan Es Di Tebet Dan Kalibata