Diduga Bantu Bjorka Buat Telegram, Remaja Madiun Ditetapkan Tersangka

Seorang remaja asal Madiun inisial MAH ditetapkan menjadi tersangka usai membantu hacker Bjorka dengan membuat kanal grup di Telegram.

Diduga Bantu Bjorka Buat Telegram, Remaja Madiun Ditetapkan Tersangka
Seorang remaja asal Madiun inisial MAH ditetapkan menjadi tersangka usai membantu hacker Bjorka dengan membuat kanal grup di Telegram. Gambar : Freepik.com

BaperaNews - Penangkapan terduga Bjorka di Madiun Jawa Timur berujung penetapan tersangka. Muhammad Agung Hiyatullah alias MAH (21) ditetapkan sebagai tersangka karena diduga membantu Bjorka.

Seorang remaja Madiun dianggap menjadi bagian dari kelompok Bjorka karena berperan sebagai pembuat grup Telegram dengan nama channel Bjorkanism. MAH diduga membantu menyediakan kanal di aplikasi percakapan Telegram.

MAH juga diduga pernah memposting sebanyak 3 kali di Kanal Telegram tersebut, yakni pembocoran data terkait Presiden Jokowi hingga soal pembocoran data aplikasi Pertamina terkait kenaikan harga BBM.

"Tersangka merupakan bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram, dengan nama channel Bjorkanism," kata juru bicara Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana di kantornya, pada Jumat (16/9).

Diduga MAH juga pernah memposting sebanyak 3 kali di kanal Telegram tersebut. Postingan tersebut di antaranya pembocoran data terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga soal pembocoran data aplikasi Pertamina terkait kenaikan harga BBM.

Baca Juga : Pemuda Madiun Diduga Bjorka : Tak Punya Komputer, Sehari - Hari Jual Es

Meskipun Penangkapan remaja Madiun tersebut bukan tokoh utama yakni Hacker Bjorka, namun MAH ditetapkan tersangka karena diduga ikut membantu Bjorka. Motif MAH membantu Bjorka karena berharap mendapatkan uang

"Motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," Ungkap Ade Yaya.

MAH diduga membantu menyediakan kanal di aplikasi percakapan Telegram. Dia juga pernah memposting di kanal tersebut.

Sebelumnya, Polri mengaman MAH pada Rabu (14/9) malam, warga Desa Banjarsari, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Penangkapan pemuda ini sempat ramai diperbincangkan karena hanya berprofesi sebagai pedagang es dan tak memiliki komputer.

Meski bukan sosok utama dibalik Hacker Bjorka, tindakan MAH dengan dugaan membuat kanal di Telegram dianggap membantu Bjorka. Kini MAH remaja Madiun tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga : Said Fikriansyah, Pria Cirebon Yang Diduga Hacker Bjorka