Motor Listrik Dapat Subsidi Rp 6,5 Juta Tahun Depan

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan subsidi Rp 6,5 juta untuk masyarakat yang membeli motor listrik pada 2023 mendatang.

Motor Listrik Dapat Subsidi Rp 6,5 Juta Tahun Depan
Pembelian Motor Listrik Akan Mendapatkan Subsidi Rp 6,5 Juta Pada 2023 Mendatang. Gambar : Pixabay.com/Dok. PublicDomainPictures

BaperaNews - Pemerintah tengah menyiapkan subsidi Rp 6,5 juta untuk pembelian motor listrik tahun depan. Sejauh ini belum banyak detail yang dibeberkan tentang subsidi motor listrik, tetapi respons dari berbagai pihak sudah bermunculan.

Subsidi motor listrik tersebut guna mendorong masyarakat membeli mobil dan motor ramah lingkungan. Pemerintah sebelumnya telah menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo memiliki target khusus berupa produksi motor listrik sebanyak 2 juta unit. 

Jokowi ingin target itu tercapai dalam waktu singkat. Pemerintah merencanakan skema subsidi untuk pembelian kendaraan listrik baru mulai tahun depan. Untuk sepeda motor, pemerintah menyiapkan sebesar Rp 6,5 juta per unit mulai tahun depan.

Seluruh pemerintah sudah berkoordinasi dan sepakat bahwa target tersebut realistis karena animo investor mendirikan pabrik motor listrik di Indonesia cukup besar.

Saat ini ada 35 pabrik otomotif yang siap memproduksi motor listrik dengan total kapasitas 1 juta unit per tahun. Kapasitas produksi itu akan ditingkatkan menjadi dua juta unit pada 2023. 

Namun, puluhan pabrik motor listrik yang diungkap ini tidak termasuk anggota AISI, seperti TVS, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, dan Honda.

Baca Juga : Kemenkeu Beri Penjelasan Tentang Anggaran Kendaraan Listrik

Daftar 9 Motor Listrik Yang Sudah Dijual Di Indonesia

  • Gesits

Gesits merupakan merek motor listrik buatan asli Indonesia. Satu unitnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 28 juta.

  •  Alva

Alva One yang diproduksi Ilectra Motor Group, anak usaha PT Indika Energy Tbk. Alva membanderol motor ini Rp 34,9 juta.

  • Viar

Motor listrik Q1 sebelum menjadi kendaraan nol emisi ini dijual sekitar Rp 21 juta.

  • United

Motor listrik T1800. United membanderol motor listrik buatannya seharga Rp30 juta.

  •  Niu

Pabrikan asal China ini menjajakan GOVA-03 dengan harga Rp25 juta.

  •  Davigo

Davigo yang memasarkan produk Forza di IEMS 2022 dengan harga Rp17,47 juta

  • Segway

Pertama yakni N90C yang diluncurkan dengan harga Rp27 juta, memiliki kecepatan 52 km per jam dan jarak tempuh 76 hingga 94 km.

  • Polytron

Perusahaan elektronik Polytron juga mulai merambah motor listrik lewat model Fox-R yang dijual dengan harga Rp16,5 juta off the road atau tanpa pajak (harga saat IMOS 2022).

  • Selis

Merek lain yang menjual motor listrik yakni Selis. Pada IEMS 2022 akhir September lalu, Selis memperkenalkan dua motor listrik mereka, yakni E-Max SLA yang ditawarkan Rp11,499 juta dan Agats Rp14,999 juta.

Baca Juga : Meluncur Tahun Depan, Pemerintah Akan Subsidi Beli Motor Listrik Rp 6,5 Juta