Minyak Goreng Susah Dicari, Berikut Tips Memasak Agar Irit Minyak Goreng

Akhir-akhir ini minyak goreng lagi susah dicari, hampir semua supermarket tidak ada minyak goreng, berikut tips memasak agar irit minyak goreng. Simak Informasinya Dibawah!

Minyak Goreng Susah Dicari, Berikut Tips Memasak Agar Irit Minyak Goreng
Ilustrasi menggoreng atau memasak kentang. Gambar : Pixabay.com/Dok. Peggy_Marco

BaperaNews - Aktivitas memasak sehari – hari, memang identik dan tidak lepas dengan yang namanya minyak goreng. Minyak goreng bisa dianggap sebagai salah satu kebutuhan pokok di area dapur. Nah agar penggunaan minyak goreng tidak melampaui batas alias boros, tentu ada trik yang harus dilakukan bukan?

Mulai dari menggoreng atau memasak lauk seperti tahu, tempe, ikan, kerupuk hingga menumis sayur, semuanya membutuhkan minyak goreng.

Bukan hanya menggoreng lho, saat membuat adonan kue, terkadang ada beberapa resep yang menambahkan minyak goreng di dalamnya.

Menggoreng atau memasak makanan agar lebih renyah dan garing, memang butuh minyak goreng yang banyak. Tapi jika kalian menggunakan minyak goreng dengan cara yang tak cermat, pemborosan minyak goreng pasti tak bisa dihindari. Apalagi sekarang minyak goreng lagi susah di cari, bahkan sulit untuk menemukan minyak goreng

Lantas gimana caranya agar hemat minyak goreng? Jangan khawatir, pada pembahasan kali ini akan dibahas bagaimana tips memasak agar irit minyak goreng.

Tips yang akan dibahas ini, ternyata juga direkomendasikan oleh chef ternama asal Jakarta yakni Chef Ade Ferdianto (Executive Chef Hotel Harris dan Conventions Kelapa Gading, Jakarta Utara).

Berikut ini tips memasak agar irit minyak goreng :

1.Menggunakan Minyak Goreng Seperlunya Saja

Menggunakan minyak goreng berlebihan, itu sama halnya kalian tidak bijak lho. Alangkah baiknya jika kalian menggunakan minyak goreng sesuai dengan kebutuhan saja. Minyak goreng tak boleh digunakan berulang setelah penggunaan ketiga lho. Jadi maksimal bisa digunakan secara berulang hanya 3 kali pemakaian saja. Kalian perlu pahami poin ini baik – baik demi menjaga kesehatan keluarga.

2.Lakukan Penyaringan Minyak Goreng Setelah Digunakan untuk Menggoreng

Melakukan penyaringan minyak goreng setelah digunakan untuk menggoreng atau memasak mempunyai manfaat agar minyak goreng tersebut tetap bersih meskipun sudah digunakan. Kalian pun bisa menyimpannya dalam kondisi yang jernih tak ada sisa makanan sedikit pun.

“Jadi, wajib banget nih setelah menggoreng langsung melakukan penyaringan minyak goreng yang sudah digunakan, jangan nunggu nanti ya,” ungkap Chef Ade Ferdianto (Executive Chef Hotel Harris dan Conventions Kelapa Gading, Jakarta Utara).

Selain menjaga kebersihan minyak goreng, melakukan penyaringan juga bisa terhindar dari aroma bau.

“Kalian juga bisa coba masukkan lemon grass atau pun serai ke dalam minyak goreng sebelum dilakukan penyaringan. Kondisi tersebut bisa membantu penyerapan zat – zat yang masih tertinggal di dalam minyak goreng setelah digunakan,” kata Chef Ade Ferdianto (Executive Chef Hotel Harris dan Conventions Kelapa Gading, Jakarta Utara).

Baca Juga : Ritual Adat Bakal Warnai Kegiatan Kemah Jokowi Di IKN Nusantara