Tanda-Tanda Photosensitive, Hati-Hati Jika Ingin Nonton Pengabdi Setan 2!

Bagi kamu yang ingin menonton film Pengabdi Setan 2: Communion harap hati-hati dengan gejala Photosensitive atau cahaya yang berkedip dengan begitu cepat.

Tanda-Tanda Photosensitive, Hati-Hati Jika Ingin Nonton Pengabdi Setan 2!
Bagi kamu yang ingin menonton film Pengabdi Setan 2: Communion harap hati-hati dengan gejala Photosensitive atau cahaya yang berkedip dengan begitu cepat. Gambar : Unsplash.com/Dok. Krists Luhaers

BaperaNews - Terdapat sebuah akun bernama Cinefoxx.ID membuat sebuah peringatan di situs change.org terkait film horor karya Joko Anwar, Pengabdi Setan 2: Communion.

Peringatan tersebut dibuat untuk mendesak adanya flash warning di dalam film Pengabdi Setan 2 agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan karena flashing light atau cahaya kelap-kelip di film Pengabdi Setan2. 

Peringatan tersebut sangat dibutuhkan terutama untuk penonton yang sensitif akan cahaya kelap-kelip atau Photosensitive viewers. Photosensitive merupakan kondisi sensitivitas ekstrem pada lampu yang berkedip atau pola warna yang berubah dengan begitu cepat. 

Salah satu Dokter spesialis mata di Jakarta Eye Center, Menteng yakni Dr. Elvioza , SpM(K), menyebut bahwa Photosensitive merupakan kondisi sel mata yang terlalu sensitif oleh sinar atau cahaya. Ia juga menjelaskan manusia itu memiliki dua sel di bagian mata yaitu sel batang dan sel kerucut.

Sel batang pada retina mata berfungsi untuk melihat cahaya yang redup. Sedangkan sel kerucut, berfungsi untuk melihat cahaya yang terang dan warna. 

“Photosensitive itu merupakan kondisi sel yang menjadi sensitif oleh sinar. Jadi, yang tadinya sel dalam keadaan diam, lalu dirangsang jadi aktif,” ujar Dr. Elvioza , SpM(K).

“Jika hal itu terus dirangsang oleh sinar, sel akan aktif terus dan lama lama akan capek,” lanjut Dr. Elvioza , SpM(K).

Baca Juga : Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Jadi Wisata Dadakan, Ternyata Terbengkalai Belasan Tahun!

Lalu seperti apa tanda-tanda Photosensitive?

Dr. Elvioza , SpM(K) juga mengatakan ada satu gejala utama yang terjadi jika mengalami kondisi tersebut. Gejalanya ialah penglihatan yang mendadak buram. 

“Tandanya ialah penglihatannya menjadi buram. Misalnya, lho kok kemarin kita bisa melihat, sekarang jadi nggak bisa lihat atau buram,” kata Dr. Elvioza, SpM(K).

Dengan begitu, sel yang terlalu sensitif dengan cahaya, bisa membuat mata tidak melihat untuk sementara waktu dan harus diistirahatkan.

“Nah, itu tandanya sel sudah terlalu sensitif akan cahaya, sudah capek, jadi tidak bisa melihat sementara waktu,” imbuh Dr. Elvioza, SpM(K).

Menurut Dr. Elvioza , SpM(K), seseorang yang mengalami kondisi Photosensitive juga bisa ditandai dengan tubuh yang terlalu lemah dan membutuhkan istirahat. 

Oleh karena itu, bagaimana cara mengatasi Photosensitive jika sudah terjadi?

Untuk mengatasi Photosensitive, Dr. Elvioza menyarankan untuk mengurangi intensitas mata ketika melihat sinar. Karena, sinar merupakan salah satu penyebab utama sel pada mata menjadi sensitif.

“Jangan melihat sinar dulu, karena sinar itu sumber penyebab mata sensitif. Cara atas nya bisa dengan mengedipkan mata, menutup mata sebentar, setelah itu istirahat,” ujar Dr. Elvioza.

Namun, apabila cara itu tidak ampuh, langsung saja segera konsultasi ke dokter. Jadi, untuk kalian yang ingin menonton film Pengabdi Setan 2: Communion harus hati-hati. Karena, di dalam film Pengabdi Setan 2 ada banyak scen yang mengeluarkan cahaya kedap-kedip.

Baca Juga : Review Film Pengabdi Setan 2: Communion, Dihantui Dengan Teror Ibu Sepanjang Masa