Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP

Pemerintah siapkan hotel terapung dengan kapasitas sebanyak 2.600 orang di Lombok, NTB untuk para wisatawan menjelang MotoGP Mandalika 2022. Simak Informasi Lengkapnya!

Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP
Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP. Gambar: Antara/ Dok. Andika Wahyu

BaperaNews - Pemerintah siapkan hotel terapung dengan kapasitas sebanyak 2.600 orang di Lombok, NTB untuk para wisatawan yang menonton MotoGP Mandalika 2022. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI, Helson Siagian menyebut hotel terapung tersebut akan disandarkan di Pelabuhan Lembar dengan memakai satu kapal besar dan lima kapal pinisi.

“Pelni sudah siapkan KM Kelud dengan kapasitas 2.500 orang sedangkan Pelindo menyiagakan 5 kapal phinisi, masing-masing berkapasitas 250 orang” ujarnya hari Minggu 13 Maret 2022. Untuk masalah pemesanan hotel terapung tersebut dikelola oleh pemerintah daerah, Helson juga menyebut hotel terapung resmi dibuka tanggal 18 Maret 2022 sampai gelaran MotoGP 2022 Mandalika selesai.

Ia mengklaim pemerintah sudah selesai menjalankan simulasi untuk kelancaran pelayanan dan mengamankan pelabuhan, “hal ini juga berhubungan dengan operasional hotel terapung” lanjutnya. Helson sekaligus menginformasikan dari data Dinas Pariwisata NTB, 17.833 akomodasi tersedia, sebanyak 62% nya atau 11.169 sudah disewa. Akomodasi tersebut tidak hanya yang ada di Mandalika dan Mataram, namun juga di Sembalun, Gili, Jerowaru, dan Tete Batu.

Salah satu hal unik yang baru dibuat ialah adanya patung Presiden  Jokowi sedang naik motor custom RI 1 dipasang di Sirkuit sejak hari Minggu pagi 13 Maret 2022, patung ini berada tepat di gerbang pintu masuk Sirkuit, dengan bahan konstruksi besi sepanjang 20 meter dan tingginya 3 meter.

Baca juga: Penonton MotoGP Di Sirkuit Mandalika Lombok Diizinkan Untuk Bawa Tikar Dan Kursi Dari Rumah Sendiri

Gubernur NTB, Zulkiemansyah meresmikan patung tersebut, mengatakan patung terintegrasi dengan seluruh taman, “Dalam waktu yang tidak lama, Sirkuit Mandalika akan jadi destinasi indah untuk foto atau olahraga, apalagi ke depannya banyak event diadakan di tempat ini” ujarnya ketika acara peresmian.

Patung dibuat oleh Nyoman Nuarta, seniman asal Bali yang juga membuat patung Garuda Wisnu Kencana Bali dan merancang Ibu Kota Negara baru, Nusantara. Patung Jokowi naik motor sebelumnya sudah diangkut pada 23 Februari 2022 dari Pelabuhan Banyuwangi menuju Pelabuhan Lembar, Lombok dan kini patung tersebut siap menjadi salah satu tontonan unik para penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika 2022.

MotoGP Mandalika akan digelar tanggal 18 – 20 Maret 2022 mendatang, persiapan berbagai fasilitas sudah dikebut termasuk mempercantik area sekitar sirkuit, live streaming juga bisa Anda saksikan di Trans7.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Semakin Dekat, Ini Harga Tiketnya!