Luhut: Candi Borobudur Masih Diuji Coba, Harga Tiket Turis Lokal Rp 100 Ribu

Luhut Binsar menyampaikan bahwa kunjungan ke Candi Borobudur masih dalam tahap uji coba, namun kisaran harga tiket turis lokal ialah Rp 100.000.

Luhut: Candi Borobudur Masih Diuji Coba, Harga Tiket Turis Lokal Rp 100 Ribu
Harga Tiket Turis Lokal Candi Borobudur. Gambar : Pexels.com/Dok. Han Sen

BaperaNews - Kunjungan ke Candi Borobudur bagian atas sedang dalam masa uji coba. Menko MarIves Luhut Binsar menyampaikan tetap akan dilakukan pembatasan untuk melindungi bebatuan candi dari kerusakan atau dari pencurian.

Ia menyebut destinasi wisata di Magelang, Jawa Tengah ini masih ditutup, hanya pengunjung tertentu yang boleh mencapainya. “Ini kita tutup, oleh Menteri Pariwisata sedang diuji coba, akan dibatasi orang yang masuk ke dalam karena kerusakan, degradasi batunya, dan akan dihitung lagi harga tiket turis lokal Candi Borobudur” tutur Luhut Binsar pada Rabu (8/2).

Menparekraf Sandiaga Uno juga sempat mendampingi petinggi ASEAN di momen ATF beberapa waktu lalu, pengalaman yang didapat ialah tentang edukasi konservasi atau biasa disebut eduwisata.

“Jadi Borobudur itu pertama sudah diuji coba ke peserta ATF, saat uji coba kita berikan paket edukasi dan konservasi” terang Sandiaga Uno dalam kesempatan yang sama dengan Luhut Binsar.

Baca Juga : Tak Sembarangan! Wisatawan Naik Ke Candi Borobudur Akan Pakai Sandal Khusus

Harga Tiket Turis Lokal Candi Borobudur : Rp 100-500 ribu

Rencananya, wisatawan yang ingin naik Borobudur akan dikenai biaya lebih dengan fasilitas tambahan yang juga berbeda dari pengunjung biasa. “Dimana paketnya ada sandal upanat yang dibuat sesuai dengan relief Candi Borobudur, untuk menahan batu dari degradasi. Lalu ada paket informasi, ada pemandu wisata, ada tas, dan semua paket tersebut diberi kepada pelaku ekonomi kreatif di sekitar Borobudur” ungkap Sandiaga Uno.

“Setelah di uji coba kemarin, kebetulan kemarin ada Pak Menteri dari Kamboja itu dia bawa uang Rp 500 ribu lebih. Jadi ancer-ancernya menurut saya Rp 100-500 ribu. Untuk wisatawan mancanegara Rp 500 ribu, dan itu akan difinalkan oleh TWC” jelasnya.

Sandiaga Uno juga mengungkap persiapan untuk prosedur naik ke Candi Borobudur sudah matang, dari adanya harga tiket turis lokal Candi Borobudur ini bisa meningkatkan pendapatan para pengrajin sandal upanat.

“Saya sudah serahkan kepada mereka, sudah dapat persetujuan dari Pak Luhut juga, saya akan lapor ke Pak Presiden dan Wapres bahwa ini sudah siap” lanjutnya.

“Makanya harga tiket turis lokal candi Borobudur ini saya sampaikan kepada pelaku wisata juga, kira-kira berapa yang masyarakat bisa pertimbangkan, angkanya sekitar Rp 100-500 ribu, karena harga dari sandal upanatnya itu sekitar Rp 50-70 ribu, termasuk guide nya juga harus mendapat biaya kompensasi” tutup Sandiaga Uno.

Baca Juga : Mengenal Sandal Upanat: Si Alas Kaki Pencegah Batu Candi Borobudur