Kuliah Peduli Negeri Mahasiswa Universitas Mercu Buana Bersama Siswa Di IKN

Kuliah Peduli Negeri (KPN) Fikom UMB mengupas tuntas topik seputar karir di era digital. Simak selengkapnya di sini!

Kuliah Peduli Negeri Mahasiswa Universitas Mercu Buana Bersama Siswa Di IKN
Kuliah Peduli Negeri Mahasiswa Universitas Mercu Buana Bersama IKN. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Sekelompok Mahasiswa Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations melaksanakan Kuliah Peduli Negeri atau KPN Bersama IKN. Acara ini di selenggarakan pada hari Sabtu, (9/12), melalui Virtual Meeting Zoom dengan Tema “NGOBROL ASIK SEPUTAR KARIR DI ERA 4.0”.

Adapun tujuan utama kegiatan KPN ini dapat memberikan edukasi kepada siswa/i SMK IKN untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Dalam kegiatan ini juga diadakan pelatihan tentang bagaimana menyusun Curriculum Vitae yang baik dan benar.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Ridho Azlam Ambo Asse, M.I.Kom, CCC selaku dosen pembimbing mata kuliah KPN di Universitas Mercu Buana. Selain itu, Dr. Irmulansati Tomohardjo, S.H., M.Si., selaku Wakil dekan fakultas ilmu komunikasi di Universitas Mercu Buana yang turut hadir dalam acara. Selanjutnya, sambutan dilanjut oleh Ibu Erna Gunawati, M.Pd., selaku Analis Kebijakan Direktorat Pelayanan Dasar OIKN.

“Bahwa terimakasih kepada UMB dan mahasiswa Fikom UMB telah bersedia menjadi mitra OIKN dalam kegiatan kuliah peduli negeri hal ini sangat di perlukan untuk meningkatkan kualitas SDM generasi generasi muda khususnya di ikn di era 4.0 atau digital ini. Semoga kegiatan ini langkah awal kerja sama yang berkelanjutan antara IKN dan UMB kedepannya dalam memajukan negeri,” jelas Ibu Erna Gunawati, M.Pd.

“Tujuan kami menyelenggarakan acara ini, yaitu sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian Universitas Mercu Buana kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman serta pembekalan kepada siswa dan siswi mengenai pengembangan hard dan soft skill terutama dalam penggunaan sosial media, penggunaan teknologi yang sehat dan terkontrol dan sistematika pembuatan Curriculum Vitae, serta pengetahuan mengenai dasar komponen desain komunikasi,” ujar M. Rijal selaku Ketua Pelaksana.

Dalam kegiatan ini, berikut materi yang dipaparkan:  

  1. Pencegahan dan Penanggulangan Cyberbullying di Era Digital (disampaikan oleh Isneni)
  2. Jejak Digital Menentukan Karirmu (disampaikan oleh Michelle)
  3. Sistematika Penulisan CV (disampaikan oleh Rijal)
  4. Workshop Pengetahuan dan Penerapan Komponen Dasar Desain Komunikasi dalam Menunjang Kebutuhan Desain (disampaikan oleh Annisa)

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam. Kemudian, dilanjut dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, diberikan kesempatan untuk 6 pertanyaan, setiap pertanyaan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp50.000. Hal tersebut di sambut baik oleh para siswa/i yang mengikuti acara Seminar IKN.