Kisah Tiko Rawat Ibunya Tanpa Air dan Listrik di Rumah Mewah Cakung Selama 12 Tahun

Ramai dimedia sosial kisah tentang anak laki-laki bernama Tiko yang merawat ibunya selama 12 tahun di rumah mewah kawasan Cakung tanpa air dan listrik.

Kisah Tiko Rawat Ibunya Tanpa Air dan Listrik di Rumah Mewah Cakung Selama 12 Tahun
Kisah Tiko rawat ibunya tanpa air dan listrik di rumah mewah Cakung selama 12 tahun. Gambar : Tangkapan Layar YouTube/Bang brew Tv

BaperaNews - Tiko, seorang pemuda asal Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur merawat ibundanya yang diduga depresi di sebuah rumah mewah tanpa adanya listrik dan air selama 12 tahun. Ketua RT 6 RW 2 Kelurahan Jatinegara Noves menyebut Tiko selama ini tinggal berdua bersama ibunya di rumah tersebut selama bertahun-tahun tanpa listrik dan air.

Kisah Tiko Rawat Ibunya Tanpa Air dan Listrik

Kisah Tiko rawat ibunya tanpa air dan listrik selama 12 tahun di rumah mewah Cakung, Jakarta Timur ramai dibicarakan di media sosial. Bagaimana tidak seorang pemuda merawat ibu kandung selama 12 tahun tanpa air dan listrik.

Diketahui Eny Sukaesih, ibu Tiko diduga depresi usai ditinggal suaminya ke luar kota, suaminya pergi belasan tahun dan tidak kembali hingga saat ini.

“Kalau kami lihat sebab masalah kejiwaannya karena faktor ekonomi mungkin, pikiran, mungkin masalah keluarga, menghidupi anak, itu mengganggu kesehatan mentalnya” tutur Noves pada Rabu (4/1).

Noves melanjutkan, kondisi ekonomi Eny sulit usai ditinggalkan suaminya, sehingga rumah mewah yang ditinggali bahkan terbengkalai sejak tahun 2010. Tiko dan ibunya tidak mampu beli listrik dan air, untuk keperluan sehari-hari, Tiko menadah air hujan untuk masak dan mandi.

Tiko pun putus sekolah sejak SMP, Tiko meminta bantuan kepada warga sekitar, Tiko kerja sebagai operator warnet hingga menjual perabot rumah demi tetap bisa hidup.

“Saya kemudian tawarkan Tiko jadi petugas keamanan, kasihan, daripada dia keliling, jadi dia hingga saat ini jadi petugas keamanan” jelas Noves.

Baca Juga : Kisah Wanita Asal Inggris Yang Sudah Menopause Di Usia 20-an

Rumah Eny Sukaesih terbengkalai hingga saat ini, Suku Dinas Sosial Jakarta Timur pun kini mengambil tindakan dengan membantu membersihkan rumah tersebut, Eny juga telah dibawa ke RSKD Duren Sawit.

“Saat ini Eny masih di rumah sakit, tapi informasinya akan lanjut rawat jalan di rumah” tutupnya.

Seluruh biaya Eny ditanggung BPJS Kesehatan yang sebelumnya dibuatkan oleh RT, Noves juga masih menunggu hasil tes dari pemeriksaan jiwa Eny.

Kisah Tiko rawat ibunya tanpa air dan listrik di rumah mewah Cakung ini viral di media sosial usai adanya unggahan tentang anak yang merawat sang ibu di sebuah rumah mewah tanpa listrik dan air selama puluhan tahun. Untuk rumah Eny Sukaesih sendiri saat ini telah dibersihkan dengan tuntas.

“Di dalam kondisinya debu sangat tebal, rumah tidak terawat seperti tidak ditempati” ujar Kasi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman.

“Pembersihan kami lakukan sampai tuntas, debu-debu kita hilangkan, ubinnya kita kembalikan ke warna aslinya” tutupnya.

Namun untuk ke depannya terkait rumah tersebut tentu berkaitan dengan Tiko, Tiko tentu harus bisa merawat dan menjaga rumah tersebut agar tetap bersih dan terawat agar layak untuk ditempati bersama ibunya.

Baca Juga : Viral Kisah Driver Ojol Dituduh Pelanggan Curi Pesanan, Ternyata Restoran Yang Salah