KAI Tambah Jumlah Kereta Perjalanan Long Weekend Idul Adha 2023

PT KAI akan mengoperasikan 1.340 perjalanan kereta api jarak jauh untuk Long Weekend Idul Adha 2023. Lihat daftar kereta tambahan dan cara memesan tiket dalam artikel ini.

KAI Tambah Jumlah Kereta Perjalanan Long Weekend Idul Adha 2023
KAI Tambah Jumlah Kereta Perjalanan Long Weekend Idul Adha 2023. Gambar : Instagram.com/@kai121_

BaperaNews - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah daftar perjalanan Kereta Long Weekend Idul Adha 2023 ini. 1.340 kereta api jarak jauh akan dioperasikan mulai Selasa-Minggu (27/6-2/7).

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menyampaikan, kereta yang dioperasikan ini jauh lebih banyak jumlahnya jika dibanding minggu sebelumnya. Per Selasa-Minggu (20-25/6), jumlah kereta yang dioperasikan ada 1.322 perjalanan.

“Peningkatan jumlah KA ini ialah bagian dari komitmen KAI untuk memberi peningkatan pelayanan pada pelanggan, terutama di masa high season seperti long weekend ini” kata Joni pada Sabtu (24/6). 

Daftar Kereta Tambahan Long Weekend Idul Adha 2023

Daftar perjalanan Kereta Long Weekend Idul Adha 2023 yang ditambah jadwal perjalanannya :

  • KA Argo Parahyangan relasi Gambir Bandung PP
  • KA Manahan relasi Gambir Solo Balapan PP
  • KA Pandalungan relasi Gambir Jember PP
  • KA Sancaka relasi Yogyakarta Surabaya Gubeng PP
  • KA Kaligung relasi Semarang Poncol Cirebon Prujakan PP

Baca Juga : KAI Beri Diskon 25% Libur Idul Adha, Cek Daftar Rutenya!

Lebih lanjut, Joni membahas cara pesan tiket kereta api jarak jauh bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi KAI Access, laman web www.kai.id  atau channel penjualan resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

Jika tiket sudah habis, penumpang bisa memilih alternatif connecting train yang jadwalnya bersifat persambungan dengan jadwal kereta lain dimana penumpang nantinya akan naik di lebih dari 1 gerbong kereta sampai pada lokasi tujuannya.

Sebagai informasi, pemerintah menambah cuti bersama untuk Idul Adha 2023. Sebelumnya libur Idul Adha hanya pada 28 dan 29 Juni, kemudian diputuskan menambah 1 hari cuti bersama pada Jumat 30 Juni 2023.

Sedangkan sabtu minggu banyak pekerja yang libur kerja. Maka libur Idul Adha di tahun 2023 ini disebut sebagai super long weekend karena hari libur mencapai 5 hari mulai hari Rabu-Minggu (28 Juni-2 Juli).

Sejauh ini, rute yang jadi favorit masyarakat ialah Jakarta-Surabaya, Jakarta-Bandung, Jakarta-Purwokerto, Jakarta-Solo, Yogyakarta-Banyuwangi, dan relasi lainnya.

“Dalam transportasi kereta long weekend Idul Adha 2023 ini, KAI mengantar masyarakat dengan transportasi yang aman dan bebas macet di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga bisa dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan setelah ada penambahan daftar perjalanan Kereta Long Weekend Idul Adha 2023” tutup Joni.

Baca Juga : Menaker Beri Klarifikasi Terkait Cuti Bersama Idul Adha 2023 Karyawan Swasta