Kabar Duka! Lukas Enembe Meninggal Dunia

Lukas Enembe, tokoh politik dan pembangunan Papua, meninggal dunia. Simak selengkapnya di sini!

Kabar Duka! Lukas Enembe Meninggal Dunia
Kabar Duka! Lukas Enembe Meninggal Dunia. Gambar : Dok. Petrus Bala Pattyona

BaperaNews - Duka menyelimuti Tanah Papua dengan berpulangnya mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, pada Selasa (26/12). Lukas Enembe meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, sekitar pukul 10.45 WIB. Berita ini mengejutkan banyak pihak dan menjadi sorotan media nasional.

Lukas Enembe, yang sebelumnya dikenal sebagai tokoh politik dan sosial di Papua, menjalani perawatan medis intensif di rumah sakit. Kuasa hukum almarhum, Petrus Bala Pattayona, mengkonfirmasi berita duka ini.

"Iya benar, beliau meninggal sekira pukul 11 waktu Jakarta," ujar Petrus saat dikonfirmasi. Proses perawatan medis yang dijalani Lukas Enembe termasuk cuci darah rutin tiga kali seminggu, biasanya dimulai pada pukul 15:00 WIB dan berlangsung selama 3-4 jam.

Sebelum wafat, Lukas Enembe juga dikenal sebagai figur yang berkontribusi pada pembangunan di Papua. Meskipun demikian, karir politiknya tidak lepas dari kontroversi. Ia pernah divonis 8 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas kasus suap dan gratifikasi.

Hak politiknya juga dicabut selama lima tahun, sebuah keputusan yang diambil hakim karena perbuatannya dianggap telah mencederai kepercayaan masyarakat.

Kepala RSPAD Letjen TNI Albertus Budi Sulistya mengonfirmasi waktu meninggalnya Lukas Enembe.

Baca Juga: Dapat Diskon Hukuman, Lukas Enembe Hanya Divonis 8 Tahun Penjara

"Betul [red]. Pkl 10.45 WIB," katanya saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terjadi pada 5 September 2022, sehubungan dengan kasus gratifikasi senilai Rp1 Miliar. Ia ditangkap di salah satu rumah makan di Abepura pada 10 Januari 2022 dan segera diterbangkan ke Jakarta.

Berita meninggalnya Lukas Enembe juga disebarkan melalui jejaring media sosial. Presiden Gereja Injili di Indonesia (GIDI), Pdt Dorman Wandikbo, mengimbau masyarakat Papua untuk menjaga ketenangan.

"Kepada yg terhormat Rakyat Papua yang dikasihi Tuhan Jesus, Hari ini tgl 26-12-2023...telah di panggil Oleh Tuhan Bpk Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jakarta," bunyi imbauan dari Pdt Dorman Wandikbo.

Kepergian Lukas Enembe merupakan kehilangan besar bagi masyarakat Papua.

Baca Juga: Lukas Enembe Habiskan Rp 22,5 Milyar untuk Judi di Singapura dan Manila