Jokowi Pastikan Harga BBM Tidak Ada Kenaikan hingga Juni 2024

Presiden Jokowi memastikan tidak ada kenaikan harga BBM dalam waktu dekat. Rinciannya akan dijelaskan oleh Menko atau pihak Pertamina. Simak selengkapnya di sini!

Jokowi Pastikan Harga BBM Tidak Ada Kenaikan hingga Juni 2024
Jokowi Pastikan Harga BBM Tetap Stagnan hingga Juni 2024. Gambar : Reuters/Willy Kurniawan

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat.

Pernyataan ini disampaikannya pada keterangan pers di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma pada Senin (4/2). Jokowi menjelaskan bahwa kebijakan terkait harga BBM akan dijelaskan lebih lanjut oleh Menteri Koordinator terkait atau PT Pertamina (Persero).

“Soal BBM nanti biar pak Menko yang sampaikan, atau dari Pertamina yang sampaikan. [Untuk kenaikan harga] tidak [ada], tetapi yang menyampaikan nanti akan dari Pertamina,” katanya saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Senin (4/2).

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, juga telah menyatakan keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif listrik dan harga BBM hingga bulan Juni 2024. Keputusan ini diambil dalam rapat kabinet pada Senin (26/2). Airlangga menegaskan bahwa pemerintah akan kembali menyalurkan belanja subsidi untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Baca Juga: Simak Harga BBM Pertamina Per 1 Januari 2024, Pertamax Turun!

“Tadi diputuskan dalam sidang kabinet paripurna, tidak ada kenaikan listrik, tidak ada kenaikan BBM sampai dengan Juni, baik itu subisdi dan non-subsidi,” ujar Airlangga.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, pemerintah perlu memberikan tambahan anggaran kepada PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) sebagai penyedia dua jenis energi tersebut. Namun demikian, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) seperti Pertamina, Shell, dan BP-AKR telah mengumumkan daftar harga BBM terbaru per Maret 2024.

PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menahan harga BBM non-subsidi jenis Pertamax Series dan Dex Series, masih mengacu pada harga per Januari 2024. Sementara itu, badan usaha swasta seperti Shell dan BP-AKR menyesuaikan harga-harga mereka per 1 Maret 2024.

Shell, melalui laman resminya, menaikkan harga beberapa jenis BBM seperti Shell Super dan Shell V-Power, sementara BP-AKR juga mengerek naik harga untuk beberapa jenis BBM yang mereka jual. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi masyarakat terkait dengan biaya penggunaan kendaraan dan anggaran rumah tangga mereka.

Baca Juga: SPBU BP Resmi Hentikan BBM Ron 90, Ternyata Ini Alasannya!