Jokowi Bersama Ganjar dan Basuki Pantau Perbaikan Jalan Di Jateng

Presiden Jokowi bersama dengan Ganjar dan Basuki pantau perbaikan jalan di Jateng. Simak selengkapnya!

Jokowi Bersama Ganjar dan Basuki Pantau Perbaikan Jalan Di Jateng
Jokowi Bersama Ganjar dan Basuki Pantau Perbaikan Jalan Di Jateng. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Jokowi meninjau langsung proses perbaikan jalan di Jateng tepatnya di jalur Solo-Purwodadi. Menurut Jokowi, jalan di kawasan tersebut tidak pernah baik dan selalu rusak bahkan sejak beliau masih anak-anak sampai saat ini.

Jokowi meninjau perbaikan jalan di Jateng  yang berada di Sragen bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Bupati Sragen Untung Yuni. Nampak pula Jan Ethes, cucu Jokowi ikut menemani.

“Ya perbaikan jalan di Jateng ini sama seperti yang saya lihat di provinsi lainnya. Kita ingin lakukan perbaikan terutama di jalan utama provinsi dan jalan kabupaten kota seluruh wilayah tanah air. Unutk jalan ini kan saya lewati tiap hari sejak saya kecil, tiap hari saya lewat jalan ini ga pernah beres” tutur Jokowi hari Minggu (23/7).

Bahan yang dipakai untuk perbaikan jalan Solo-Purwodadi ini biaya konstruksinya lebih mahal dari perbaikan jalan di daerah lain.

Jokowi berharap hal ini bisa berdampak pada pemakaian yang lebih panjang. Memang jalan di kawasan tersebut punya jenis tanah yang labil, sehingga untuk pengecoran saja butuh yang lebih tebal.

“Tapi sekarang memang seperti ini konstruksinya. 2 kali lebih mahal tapi saya kira bisa untuk pemakaian 10 tahun lebih, Kalau menurut pakar aspal mungkin ga sampai 2 tahun sudah rusak lagi. Pokoknya untuk jalan yang labil, untuk yang stabil tidak perlu dicor. Tebalnya ini untuk mejanya 10 cm di atasnya ada lagi 25 cm dicor lagi. Semoga ya jalan Solo-Purwodadi lebih baik selamanya” sambungnya.

Baca Juga : Pengumuman! Pertamax Green Akan Meluncur Minggu Depan

Jokowi kemudian memuji kualitas jalan di Jawa Tengah area pimpinan Ganjar Pranowo yang akan maju di Pilpres 2024 bahwa kualitasnya lebih mantap dan lebih bagus dibanding jalan di Sumatra.

“Jateng yang dipimpin Pak Ganjar yang akan maju di Pilpres 2024 ini saya lihat kemantapan jalannya lebih bagus dibanding Sumatra. Rata-rata di Sumatra 66% disini 88%.

Kita target secepatnya untuk menyelesaikan jalan di daerah. Sudah kontrak, di Bengkulu sudah jalan. Akhir Juli semua jalan. Sehingga saya memang harus cek ke lapangan. Hari Minggu ini diajak Pak Ganjar” pungkas Jokowi.

Pemerintah pusat telah kucurkan dana untuk perbaiki jalan melalui Instruksi Presiden 3/2023 dimana tahap pertama dikeluarkan dana Rp 7 Triliun dan tahap kedua Rp 7 Triliun semuanya untuk pelaksanaan tahun 2023 ini.

Sementara Ganjar mulai sibuk promosikan diri untuk Pilpres 2024. Ganjar menjadi calon Pilpres 2024 diusung oleh Partai PDI-P.

Baca Juga : Rekrutmen CPNS 2023 Akan Dibuka September, Ini Daftar Formasinya