Pengumuman! Pertamax Green Akan Meluncur Minggu Depan

PT Pertamina akan luncurkan bensin Pertamax Green mulai minggu depan. Simak selengkapnya!

Pengumuman! Pertamax Green Akan Meluncur Minggu Depan
Pengumuman! Pertamax Green Akan Meluncur Minggu Depan. Gambar : mypertamina.id

BaperaNews - PT Pertamina Persero memastikan peluncuran Pertamax Green 95 dilakukan pekan depan.VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyebut BBM ramah lingkungan bioetanol itu akan meluncur di Kota Jakarta terlebih dahulu baru kemudian kota lain di Indonesia.

“Iya, sedang dicarikan tanggalnya, rencananya minggu depan di Jakarta. Untuk keunggulannya tentu RONnya lebih tinggi mencapai 95. Sedangkan Pertamax saja kadar Oktannya 92. Jadi ini punya kadar oktan lebih tinggi dan lebih ramah lingkungan” kata Djoko hari Jumat (21/7).

Namun Djoko tidak merinci berapa harga Pertamax Green 95, ia hanya mengungkap harga Pertamax Green 95  tidak jauh beda dengan BBM Ron 95 yakni Rp 13.000an.

Pada kesempatan berbeda, Mantan Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha menyebut harga Pertamax Green 95 ialah Rp 13.500 per liternya.

“Harganya mungkin Rp 13.500. Uji coba sudah dilakukan di Jawa Timur. Untuk launchingnya minggu ke-3 bulan Juli 2023” tutur Pahala Selasa (4/7) lalu.

Baca Juga : Cara Hapus NPWP Pajak Bagi yang Sudah Meninggal

Pertamax Green 95 ialah BBM baru dari Pertamina yang dibuat dari etanol 5% dicampur Pertamax Ron 92. Etanol berasal dari nabati molasses tebu atau singkong.

Pertamax Green 95 diklaim bisa mengurangi emisi gas karbon dan bisa meningkatkan kadar oktan sehingga lebih ramah lingkungan juga ramah untuk kendaraan.

Produk terbaru dari PT Pertamina Persero ini telah diatur peredarannya oleh Kementrian ESDM melalui Keputusan Dirjen Migas dimana ditetapkan aturan standar dan mutunya.

“Kepdirjen ini telah mengatur dan memberlakukan aturan standar dan mutu bensin RON 95 dan campuran bioetanol. Spesifikasi ditetapkan sesuai dengan lampiran yang tercantum salah satunya angka oktannya minimal 95” jelas Kepala Biro Komunikas, Informasi Publik, dan Layanan Kerjasama entrainian ESDM Agung Pribadi.

Penelitian tentang Pertamax Green 95 sudah dilakukan sejak tahun 2008. Maka dipastikan Pertamax Green 95 sudah layak edar dan memiliki kualifikasi seperti yang dijelaskan. Penjualan dimulai dari kota Jakarta terlebih dahulu. Belum dijelaskan apakah akan diluncurkan serentak di seluruh SPBU Pertamina kawasan Jakarta atau akan dijual secara bertahap.

Tunggu peluncuran BBM baru PT Pertamina Persero Pertamax Green 95 pekan depan ya. Tertarik beralih ke Pertamax Green 95?

Baca Juga : Bisa Untungkan Amerika Serikat, Luhut Ungkap Larangan Ekspor Nikel