Ini Penyebab Timbul Rembesan di Jalan Underpass Dewi Sartika Depok!

Pengawas Jalan UPTD I Dinas PUPR Jawa Barat Uci Sanusi memberikan penjelasan mengenai penyebab rembesan air di underpass Dewi Sartika, Depok.

Ini Penyebab Timbul Rembesan di Jalan Underpass Dewi Sartika Depok!
Ini Penyebab Timbul Rembesan di Jalan Underpass Dewi Sartika Depok. Gambar : Detik.com/Dok. Devi

BaperaNews - Muncul rembesan air di underpass Dewi Sartika, Depok. Pengawas Jalan UPTD I Dinas PUPR Jawa Barat Uci Sanusi menduga sumber air itu asalnya dari air bawah tanah.

“Sudah kita cek dan lakukan evaluasi, itu kita kira awalnya air PAM, ternyata bukan, terus saluran juga bukan. Itu air kemungkinan dari air bawah tanah” terang Uci pada Minggu (26/3).

Rembesan jalan underpass Dewi Sartika muncul ketika pembangunan underpass telah selesai, jika rembesan muncul sejak awal pembangunan, menurut Uci akan lebih mudah diatasi sehingga tak merembes keluar seperti saat ini. Rembesan muncul dari air sungai dan rawa yang ada di sekitar underpass.

“Untuk pembangunan ga ada, itu baru muncul karena kan proses, kalau sejak awal sudah ada ya pasti langsung diatasi, nggak terjadi seperti ini. Itu terjadinya setelah pembangunan selesai. Mungkin datangnya juga dari rawa ini. Kan ini dekat sungai, dekat rawa, mungkin rembesannya muncul setelah underpassnya jadi” jelasnya. 

Baca Juga : Viral Calon Hakim Agung Punya Rekening Jumbo, Triyono Martanto : Itu Warisan!

Uci menyebut pihaknya telah lakukan penanganan dan mencegah kebocoran air terus meluas, sumber air rembesan akan ditutup dengan alat khusus yang bisa menyumbat air.

“Makanya kita lakukan antisipasi, kita sudah tau sebabnya dari air bawah tanah, jadi kita grouting sumber airnya itu. Sumber air yang keluar dari dalam tanah itu akan kita tutup dengan alat supaya airnya ga keluar terus, kita bongkar aspalnya” lanjutnya.

Titik Rembesan Jalan Underpass Dewi Sartika Pindah

Ketika pihak Uci menutup sumber rembesan jalan dan berhasil titik rembesan justru pindah ke titik lain, menurut Uci, ini karena sumber airnya ada di bawah berok, bukan di aspalnya.

“Kita sudah tutup aspalnya, ternyata keluar lagi, ke titik yang lain, karena tingkat bocornya ada di beton, bukan di aspal. Kalau aspalnya kita cukup, lubangnya muncul ke tempat lain. Kita coba gali dulu, angkat dulu aspalnya baru ditutup di sumber bocornya, karena ada lapisan beton dan aspal” pungkasnya.

“Kalau diprediksi rembesan jalan underpass Dewi Sartika Depok, hari ini selesai, selesai menutupnya ya, yang bocor. Untuk diaspal kembali yang aspal yang kita bongkar paling, kita nunggu bahannya itu soalnya bahan aspal harus dari pabriknya, di kita ga ada” tutup Uci. 

Baca Juga : Pria di Depok yang Bacok Maling HP Hingga Tewas Resmi Jadi Tersangka!