Heboh! Bayi Perempuan di Sumsel Lahir dengan Mata Satu

Bayi perempuan di Musi Banyuasin lahir dengan kelainan langka berupa satu mata. Simak Berita Selengkapnya!

Heboh! Bayi Perempuan di Sumsel Lahir dengan Mata Satu
Heboh! Bayi Perempuan di Sumsel Lahir dengan Mata Satu. Gambar : YouTube/Tribun

BaperaNews - Sebuah video seorang bayi perempuan bermata satu tersebar luas di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @pesonamuba pada Rabu (3/4), dan langsung menjadi viral.

Bayi mata satu tersebut diduga berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Penampakan bayi yang tidak lazim ini mengejutkan banyak orang. 

Bayi tersebut hanya memiliki satu mata yang terletak di tengah kening, sementara di atas matanya terdapat hidung yang tidak berbentuk seperti biasanya, dan di bawah mata terdapat mulutnya. 

Meskipun demikian, telinganya tampak tumbuh secara normal. Selain itu, tampak juga tali pusar yang menggembung di perut bayi tersebut.

Bayi itu terlihat bernafas, dan beberapa perawat di sekitarnya terdengar sedang berbicara dengan logat Palembang. Suara-suara tersebut terdengar dalam video yang menjadi viral tersebut, di mana perawat berbicara tentang kondisi bayi tersebut.

Baca Juga : Viral! Ibu Ini Lahirkan Bayi Kembar Beda 22 Hari, Kok Bisa?

Dalam postingannya, akun @pesonamuba juga menyebutkan bahwa kondisi bayi yang lahir dengan satu mata ini dikenal sebagai cyclopia, sebuah kasus yang sangat langka di dunia.

Cyclopia juga dikenal sebagai alobar holoprosencephaly. Namun, hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab dari cyclopia ini.

Menurut informasi yang dibagikan oleh akun tersebut, cyclopia terjadi akibat bagian depan otak gagal membelah menjadi dua bagian, yaitu kanan dan kiri. 

Ada beberapa faktor pemicu bawaan dari janin maupun ibu yang dapat menyebabkan kondisi ini, antara lain faktor genetik, keguguran, infeksi selama kehamilan, paparan zat kimia berbahaya, dan lain sebagainya.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada kejelasan mengenai asal usul bayi mata satu ini serta penyebab pasti dari kondisinya yang langka ini. 

Kabar bayi mata satu di Musi Banyuasin ini tentu saja menjadi perbincangan hangat di kalangan warga net, serta menimbulkan rasa simpati dan keprihatinan terhadap bayi tersebut dan keluarganya.

Baca Juga : Gegara Penyakit Langka, Wanita Ini Bisa Mati Kalau Makan Nasi dan Roti