Siap-Siap! Gedung Sarinah Akan Dibuka Pada Maret 2022

Pusat perbelanjaan pertama dan tertua di Indonesia yakni gedung Sarinah akan dibuka kembali pada Maret 2022 dan disampaikan secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Siap-Siap! Gedung Sarinah Akan Dibuka Pada Maret 2022
Ilustrasi Gedung Sarinah. Gambar : Instagram/@wika.sarinah

BaperaNews - Gedung Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pertama dan tertua di Indonesia dikabarkan akan dibuka kembali pada Maret 2022. Gedung yang terletak di Jakarta Pusat ini akan segera dibuka pasca pemugaran.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati membenarkan perencanaan pembukaan gedung tersebut.

"Rencana bulan Maret (2022 dibuka)," jelas Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati.

Sampai saat ini progress konstruksi gedung  sudah mencapai 100 persen dan sedang dilakukan proses general cleaning (pembersihan) dan fitting-out (perapihan). Usai di renovasi, Gedung Sarinah akan banyak memiliki perbedaan dibandingkan dengan bentuk lamanya.

Gedung yang baru akan terlihat lebih fresh dan modern. Dari segi bisnis, gedung yang dulunya hanya dikenal sebagai department store, kini akan memiliki banyak sekali fasilitas ruang atau area yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Area terbaru yang berada di gedung seperti food and beverage (F&B), digital bisnis area (e-commerce), dan juga ruang budaya. Selain itu, sebagian bangunan Gedung ini juga masih tetap digunakan untuk area perkantoran.

Proses transmisi yang dilakukan di gedung tidak akan menghilangkan citra dirinya sebagaimana yang dibangun dari ide Soekarno. Sebaliknya, citra gedung Sarinah justru ingin dipertegas menjadi pusat perdagangan dan promosi, serta duta bagi barang-barang lokal Indonesia di dunia internasional.

Dengan adanya transformasi tersebut, gedung Sarinah tampil sebagai national brand yang mengedepankan kekayaan budaya bangsa Indonesia di dunia internasional melalui produk-produk yang dikembangkan dan dipasarkan.

Sejalan dengan itu, Menteri BUMN Erick Thohir pun sempat menyampaikan bahwa pemerintah akan berencana membuka Gedung Sarinah. Hal ini diungkapkan saat Erick Thohir mengunjungi DubaI Uni Emirat Arab dan bertemu dengan Hussain A.Jaber yang merupakan pemilk toko Al Jaber di Dubai Mall, Burj Khalifa area.

Bahkan Erick Thohir pun berencana untuk mengundang Ali Jaber untuk datang ke Indonesia, saat pembukaan Gedung.

"Kami akan membuka gedung Sarinah di Maret (2022), mungkin kita bisa undang mereka," kata Erick melalui akun Instagram miliknya @erickthohir, seperti dikutip Selasa (9/11/2021).

Gedung Sarinah adalah gedung yang pertama kali muncul saat perubahan besar dan pergolakan yang terjadi di Indonesia pada tahun 1966 silam. Momentum tersebut merupakan transisi dari Orde Lama ke Orde Baru untuk mempromosikan barang-barang dalam negeri. 

Bersamaan dengan transformasi ini, laju perubahan masa Pandemi Covid-19 hingga akhirnya gedung tersebut direnovasi dan akan dibuka pada maret 2022 ini.